blank
Foto: humas

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, menjadi yang terbaik pada ajang Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2022. Dengan pencapaian ini, provinsi yang dipimpin duet Ganjar-Yasin itu, mencetak hattrick, karena memeroleh gelar yang sama tiga kali berturut-turut.

Penghargaan ALI 2022 diserahkan langsung Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amien, dan diterima Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, di Grand Ballroom Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).

Dalam sambutannya, Wapres RI mengajak pemda maupun kementerian, untuk fokus menggenjot investasi, sebagai upaya pemulihan ekonomi pascapandemi.

BACA JUGA: Kakanwil Jateng Gelar Audiensi Percepatan Proses Relokasi Rutan Surakarta

Selain itu, Ma’ruf juga mengajak agar pemerintah daerah mengembangkan sumberdaya di dinas yang membidangi investasi. Dia menyebut, dinas seperti Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), merupakan garda terdepan dalam mengawal investasi, serta mewujudkan penanaman modal yang transparan, bersih dan cepat.

Sementara itu, Kepala BKPM/Kementerian Investasi, Bahlil Lahadalia menyampaikan, proses penilaian terhadap kinerja layanan inovasi dilakukan dengan melibatkan KPK, serta kementerian terkait. Proses penjurian pun, dilakukan dalam kurun empat bulan.

Dia menyebutkan, pencapaian investasi yang saat ini diraih, adalah upaya bersama. Bahlil menyatakan, tahun ini ditarget investasi senilai Rp 1.200 triliun.

blank
Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amien, menyerahkan penghargaan ALI 2022 kepada Pemprov Jateng. Foto: humas

BACA JUGA: Kementerian PPA sebut Proses Penyidikan Polres Jepara Sesuai Prosedur

”Kita sudah mampu merealisasikan Rp 584,6 triliun, atau setara dari 48,7 persen. Target investasi Rp 1.200 triliun bukan saja kerja BKPM, tapi kerja para menteri sektoral, bupati, gubernur, wakil gubernur, bupati, wali kota, dan kepala DPMPTSP,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Jateng, Ratna Kawuri mengungkapkan, anugerah ini merupakan kali ketiga Jateng meraih penghargaan yang sama. Hal itu mengindikasikan, keseriusan Pemprov Jateng dalam mengawal investasi.

Selain Jateng, Pemkab Sragen juga memeroleh posisi kedua pada ajang ALI, untuk Kategori Pemkab. ”Ini yang ketiga kali atau hattrick. Pada 2018 vakum, dilanjutkan di 2021 dan 2022,” paparnya.

BACA JUGA: Porsema Ajang Cari Atlet Seni dan Olahraga Pelajar NU

Ratna menyampaikan, penghargaan itu sebagai apresiasi atas layanan investasi di Jateng. Dia menyebut, prestasi ini harus diikuti dengan kerja keras, guna mewujudkan layanan investasi yang cepat, mudah, dan murah, bagi para investor.

Dikatakan Ratna, DPMPTSP Jateng selalu berupaya mengawal investasi secara transparan. Ini dibuktikan dengan layanan yang berbasis teknologi digital, dan pendampingan kepada para investor.

Daftar Pemenang ALI 2022:
Kategori Penghargaan Khusus Kawasan Timur Indonesia:
– Pemerintah Kota Kupang
– Pemerintah Kabupaten Biak Numfor
– Pemerintah Provinsi Maluku Utara
Kategori Kementerian/Lembaga:
– Terbaik I Kementerian Perhubungan
– Terbaik II ESDM
– Terbaik III Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Kategori Provinsi:
Terbaik I Provinsi Jawa Tengah
– Terbaik II Provinsi Sulawesi Tengah
– Terbaik III Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan
Kategori Pemerintah Kota:
– Terbaik I Pemerintah Kota Tangerang
– Terbaik II Pemerintah Kota Medan
– Terbaik III Pemerintah Kota Bandung
Kategori Pemerintah Kabupaten:
– Terbaik I Pemerintah Kabupaten Gresik
Terbaik II Kabupaten Sragen
– Terbaik III Kabupaten Badung

Riyan