blank
Ilustrasi hewan peliharaan. foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sama seperti manusia, binatang peliharaan seperti anjing dan kucing juga membutuhkan gaya hidup sehat seimbang yang dapat menunjang kesejahteraan mereka.

Dilansir dari Suara.com, banyak ahli percaya, binatang peliharaan mesti diberi nutrisi untuk menjaga bulu, kesehatan gigi bahkan tulang agar terhindar dari masalah kesehatan.

Dilansir dari Hindustan Times, berikut tujuh hal yang harus diperhatikan oleh pemilik agar hewan peliharaan tetap sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya!

Baca Juga: Tujuh Manfaat Madu Murni Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menyembuhkan Luka

1. Merawat Bulunya
Hal pertama yang dapat dilihat dari binatang peliharaan seperti anjing dan kucing adalah bulu yang melapisi tubuh mereka. Untuk menutrisinya, berikan vitamin yang mengandung omega 3 dan omega 6 ya.

2. Perawatan Gigi dan Mulut
Setelah makan, residu makanan akan menempel di gigi dan mulut binatang peliharaan, yang menyebabkan plak. Kamu bisa menyikat gigi binatang peliharaanmu dengan sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk hewan yang dijual di pasaran.

3. Lidah
Pernahkah kamu menyadari apakah binatang peliharaanmu memiliki lidah berwarna merah muda atau putih pucat? Hal itu mungkin bisa menjadi tanda adanya pendarahan di dalam tubuh atau anemia yang diderita binatang kesayangan.

Baca Juga: Lima Tips Mengusir Semut Menggunakan Bahan Alami

4. Otot dan Tulang
Pastikan selalu binatang peliharaan tetap aktif. Hal itu akan melatih otot dan tulang mereka, yang juga bermanfaat bagi kesehatan hewan. Untuk membantu otot dan tulang binatang, berikan juga vitamin kolagen dan antioksidan.

5. Pencernaan
Kembung bisa dirasakan juga oleh hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Hindari memberi makanan manusia atau makanan lain yang tinggi lemak jahat ya!

6. Paw
Lihat paw atau bagian telapak kaki binatang, apakah bersih dan nampak sehat? Paw yang sehat adalah paw yang bersih, lembut, kenyal meski dibawa berkeliaran ke mana saja.

Baca Juga: Tips Mencuci Muka agar Bersih Terhindar dari Jerawat

7.Stres
Perubahan rutinitas dapat mengganggu kesehatan mental binatang peliharaan. Misalnya ikut dalam perjalanan panjang, pindah rumah atau adanya keluarga baru di rumah.

Berikan waktu bagi hewan peliharaan untuk terbiasa dengan perubahan. Coba dukung dengan makanan bernutrisi yang dapat menunjang kesehatan fisik dan mental mereka.

Claudia