blank
Ilustrasi semut pemaan gula. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tak dapat dipungkiri, keberadaan semut di rumah sangat mengganggu kenyamanan. Agar rumah aman dari gangguan semut, simak berikut ini cara mengusir semut.

Dilansir dari Suara.com pada Selasa (30/8/2022), Keberadaan semut di rumah tak ada habisnya. Di satu sudut berhasil dihilangkan, namun sudut lainnya malah muncul barisan semut baru. Selalu begitu, seolah semut ditakdirkan menempati setiap sudut rumah.

Bukan hanya sudut-sudut rumah, semut juga kerap muncul pada makanan-makanan yang ada di rumah. Hal itu tentunya semakin membuat kita kesal dan kebingungan bagaimana cara membasmi semut yang terasa mengganggu itu.

Baca Juga: Tips Mencuci Muka agar Bersih Terhindar dari Jerawat

Sebenarnya, terdapat sejumlah bahan pestisida yang ampuh menyingkirkan sekumpulan semut yang ada di rumah, baik itu di dinding, dapur, maupun meja makan. Hanya saja, bahan pestisida mengandung zat kimia yang berbahaya, terutama bagi hewan peliharaan.

Nah, bagi yang ingin rumahnya bersih dari semut tanpa menggunakan bahan yang mengandung zat kimia, simak berikut ini cara mengusir semut dengan bahan alami dan aman dari hewan peliharaan, dilansir dari Healthline. Cara Mengusir Semut di Rumah dengan Bahan Alami

1. Sabun tangan

Penggunaan sabun tangan mampu menghilangkan hormon (feromon) semut dalam tiap jejak langkahnya. Hormon ini yang menjadikan semut tahu keberadaan koloni semut lainnya.

Baca Juga: Tips Mengobati Kaki Keseleo untuk Pertolongan Pertama

Oleh karena itu, untuk memutus interaksi antar semut tersebut, kamu bisa menyemprotkan sabun tangan cair ke area yang dilewati semut. Setelah itu, lap area tersebut sampai bersih agar aman dari gangguan koloni semut.

2. Merica

Perlu diketahui, semut tak suka aroma merica. Kamu bisa memanfaatkan merica untuk mengusir semut dari rumahmu. Caranya, tabur biji merica atau bubuk merica pada area yang kerap dilewati semut.

3. Peppermint

Peppermint juga bisa menjadi bahan alami untuk mengusir semut. Caranya, masukkan pappermint 5-10 tetes ke dalam botol berisi air. Setelah itu, semprotkan ke area yang sering dikerumuni sekumpulan semut.

Baca Juga: Empat Tips Mengatasi Kulit Tangan Kering dan Kasar

4. Cuka

Bahan alami lainnya untuk mengusir semut yaitu buka, bisa cuka murni atau campuran. Jika menggunakan cuka campuran, kamu bisa menambahkan air dengan cuka dengan perbandingan 50:50.

Untuk mengaplikasikannya, gunakan cairan cuka untuk mengelap area-area yang sering dilewati atau dikerumuni semut. Bau cuka yang menyengat tidak disukai semut.

5. Bubuk kopi

Untuk mengusir semut, bisa juga menggunakan bubuk kopi karena semut tak suka aroma kopi. Caranya, taburkan biji kopi atau bubuk kopi ke area yang rawan didatangi semut. Jika ingin makanan aman dari semut, kamu bisa menaburkan bubuk kopi ke sekeliling tempat makanan tersebut.

Nah, itulah 5 cara mengusir semut dari bahan alami dan aman bagi hewan peliharaan. Bagi yang ingin rumahnya bersih dari semut, bisa mengaplikasikan cara-cara di atas. Selamat mencoba!

Claudia