blank
Ilustrasi Teh Oolong. Foto: Pixabay

SEMARANAG (SUARABARU.ID)- Di antara varian teh, teh oolong adalah salah satu yang terbilang populer. Teh ini berasal dari Cina dan sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu.

Dilansir dari Suara.com, teh oolong mempunyai banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Savvy Tokyo memaparkan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari rutin mengkonsumsi teh oolong adalah menjaga berat badan ideal dan menjaga metabolisme lemak sehingga tidak terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh.

Teh oolong juga mengandung polifenol yang membantu meningkatkan energi dan molekulnya lebih kecil sehingga lebih mudah dicerna.

Baca Juga: Tujuh Manfaat Mengonsumsi Ikan Cakalang, Meningkatkan Fungsi Otak

Selain itu, teh oolong juga mempunyai antioksidan dan katekin yang tinggi yang membantu menghilangkan radikal bebas dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan merawat kulit.

Manfaat Lain dari Teh Oolong

Selain sederet manfaat yang disebutkan di atas, teh oolong juga dipercaya mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler karena membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

The oolong juga membantu menguatkan tulang sehingga terhindar dari osteoporosis, meningkatkan fungsi otak dan emosi. Yang tidak kalah penting adalah teh oonlong dapat meningkatkan mood dan mengurangi selulit.

Baca Juga: Kenali Manfaat dan Perbedaan Brown Sugar Dengan Palm Sugar

Untuk mereka yang gemar minum alkohol, rutin mengkonsumsi teh oolong dapat mengurangi kadar alkohol dan mengeluarkan nikotin.

Proses Pembuatan Teh Oolong

Teh oolong adalah teh yang teroksidasi sebagian. Teh ini dibuat dari persilangan antara teh hijau dengan teh hitam. Di Jepang, teh Oolong merupakan teh favorit banyak orang. Diseduh panas atau dingin, rasanya tetap nikmat.

Saat ini teh oolong tersedia dalam kemasan botol yang siap minum dan praktis. Selai itu, ada pula teh oolong dalam kemasan daun teh di mana kamu bisa menyeduh sendiri tehnya.

Baca Juga: Kenali Manfaat dan Perbedaan Brown Sugar Dengan Palm Sugar

Teh seperti ini biasa ditemukan di hampir semua izakaya, restoran Jepang dan kedai makan lainnya. Teh ini adalah alternatif alkohol bagi pengunjung yang mengadakan pesta.

Oh, ya teh oolong termasuk jenis teh yang mengandung kafein tinggi. Untuk yang kamu yang memiliki masalah dengan efek kafein, sebaiknya berhati-hati ketika mengkonsumsinya.

Variasi Campuran Oolong untuk Penyembuhan

Selain diseduh biasa dengan air panas atau dingin, teh oolong bisa diseduh dengan mencampur berbagai bahan lainnya untuk menambah varian rasa.

Baca Juga: Tujuh Manfaat Buah Naga Dengan Segudang Nutrsinya

Campuran bahan-bahan yang biasa digunakan adalah lemon, jahe, dan madu. Bahan-bahan tersebut berfungsi sebagai penyembuh alami yang membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, terutama saat musim dingin.

Nah, itu dia penjelasan tentang manfaat teh oolong yang bisa menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal. Minum teh oolong adalah cara diet yang praktis dan menyenangkan.

Claudia