blank
Para mahasiswa dan mahasiswi Unair begitu bersemangat, saat Ganjar ikut hadir di acara penutupan acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru. Foto: humas

SURABAYA (SUARABARU)– Ribuan mahasiswa baru Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, langsung heboh saat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, tiba di Airlangga Convention Center, Sabtu (27/8/2022). Mereka yang sedang mengikuti penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tak menyangka, Ganjar akan hadir di tempat itu.

Saat Ganjar memasuki ruangan, langsung disambut dengan teriakan ribuan mahasiswa. Bukan berteriak memanggil nama asli Ganjar, mereka justru kompak memanggil nama beken Ganjar. ”Tugiman…Tugiman…Tugiman…,” teriak mereka serempak.

Tugiman merupakan nama panggilan Ganjar, usai videonya bersama dua anak kecil viral di TikTok.

BACA JUGA: Bintara Remaja Polres Wonosobo Jalani Pembinaan Tradisi Jalan Kaki 22 Kilometer

Teriakan Tugiman kembali menggema, ketika Ganjar mendekat dan menyalami mahasiswa. ”Pak Tugiman, Pak Tugiman. Pak Foto pak, salaman pak,” teriak ribuan mahasiswa baru Unair itu menyambut Ganjar.

Ganjar hanya tertawa dengan panggilan Pak Tugiman itu. Dengan ramah, dia menyalami mahasiswa-mahasiswi baru itu sambil menanyakan asal daerah masing-masing.

”Saya dari NTT pak, Papua, Lampung, Banyuwangi pak,” teriak para mahasiswa baru itu.

BACA JUGA: Pengusaha Furniture Jepara Sibuk Layani Pelanggan Baru Setelah Diunggah di Lapak Ganjar

Suasana penutupan PKKMB Unair itu berlangsung meriah. Tak hanya memberikan motivasi, Ganjar bersama pembicara lain, yakni Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, juga mengajak 8.700 mahasiswa baru Unair itu, ambyar bareng menyanyikan lagu ‘Ojo Dibandingke’, karya Abah Lala dan lagu ‘Kemesraan’ karya Iwan Fals.

Ganjar juga memanggil beberapa mahasiswa untuk berdialog bersama. Seperti biasa, dia memberikan hadiah berupa laptop, handphone, sepeda atau buku.

”Saya melihat semangat anak-anak muda ini hebat. Mudah-mudahan para mahasiswa dan mahasiswi bisa memanfaatkan kampus ini untuk mengembangkan diri guna menggapai cita-cita,” terang Ganjar.

BACA JUGA: Luncurkan Program Sosial Santunan dan Beasiswa untuk Anggota Tingkatkan Asset di Primkopol Semarang

Dia juga berpesan, agar karakter mahasiswa baru itu harus dibentuk. Karakter itu adalah mampu berdikari, peduli pada sesama dan mencintai bangsa dan negaranya.

”Saya sampaikan juga, apapun hasil mereka bisa di sini, itu ada pengorbanan orang tua. Maka kamu harus hormat betul, minta restu orang tua, dan selalu minta doa mereka,” ucapnya.

Ganjar juga berharap, Unair mampu membimbing mahasiswa baru itu, untuk menjawab tantangan masa depan yang sangat berat. Situasi dunia global saat ini, menurutnya, menjadi salah satu tantangan terberat yang harus dihadapi.

BACA JUGA: Pekan UMKM Kudus Akan Ramaikan Perayaan ke-75 PT Sukun

”Maka mahasiswa harus mengoptimalkan betul potensi yang ada, dengan berkolaborasi bersama, didampingi dosen-dosen yang hebat ini. Saya harap, kampus bisa memberikan talent scouting atau mencari bakat anak-anak hebat ini, agar mereka bisa optimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor Unair, Prof Mohammad Nasih menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Ganjar ke kampus Unair. Menurutnya, ini peristiwa langka, dimana para tokoh Nasional bisa berkumpul dan memberikan motivasi pada mahasiswa baru.

”Terima kasih banyak Pak Ganjar, Bu Khofifah yang sudah berkenan hadir. Di sela waktu beliau-beliau yang sangat sibuk sekali, bisa menyempatkan hadir ke sini. Ini luar biasa, jadi kalian mahasiswa baru harus benar-benar memanfaatkan momentum ini untuk belajar dari tokoh-tokoh Nasional ini,” tukasnya.

Riyan