Embung Bansari
Sinawang Weton Sabtu Pahing, Sang Pemilik Rojo Dino.

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)-  Berada di lereng Gunung Sindoro Embung Bansari yang ada di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, mempunyai pesona panorama yang cukup indah.

Embung yang ada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut tersebut, bila cuaca cukup cerah, para pengunjung akan dimanjakan panorama hamparan “Sapta Arga’’ ( tujuh gunung) nan memesona.

Ke- tujuh gunung yang bisa direkam bola mata retina pengunjung tersebut, yakni Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran. Selain itu, juga Gunung Sindoro yang gagah menjadi latar belakang embung yang dibangun tahun 2019 silam.

 

]

embung Bansari
Gunung Sindoro yang menjulang tinggi menjadi latar belakang Embung Bansari. Foto: W. Cahyono

Sebenarnya, bangunan embung yang berdiri di atas lahan tanah seluas 1,5 hektare tersebut  difungsikan sebagai kolam penampungan air hujan yang berada di ketinggian.  Air yang ditampung di embung tersebut digunakan untuk mengairi lahan pertanian dan perkebunan masyarakat setempat.

Namun, karena mempunyai potensi sebagai salah satu obyek wisata, maka  oleh Pemerintah Desa Bansari, Embung Bansari tersebut dikembangkan  menjadi obyek wisata unggulan desa tersebut.

“Sebenarnya fungsi utama embung tersebut  untuk  mencukupi kebutuhan air lahan perkebunan petani.Namun, karena mempunyai pemandangan yang cukup bagus, maka dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Temanggung,” kata Kepala Desa Bansar, Herlan.

Herlan mengatakan, panorama keindahan tujuh gunung yang bisa disaksikan dari Embung Bansari tersebut  semakin memesona, ketika musim kemarau tiba  dan cuaca cukup cerah.

Pemandangan yang  indah dan bisa dilihat dari Embung Bansari tidak hanya pada pagi atau siang hari saja, pada malam hari pun, pengunjung bisa menyaksikan  gemerlap lampu  penerangan di Kota Temanggung dan Parakan serta penerangan rumah penduduk .

Maka tidak ayal, banyak wisatawan yang  datang ke lokasi tersebut untuk menginap dari tenda-tenda yang telah disiapkan atau membawa sendiri.

Akses jalan men menuju Embung Bansari sangat mudah dijangkau, yakni hanya berjarak sekitar 18 kilometer dari Kota Temanggung dan memerlukan waktu perjalanan kurang dari  45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Sekitar tiga kilometer sebelum sampai di embung, melalui jalan makadam ( jalan bebatuan yang ditata), pengunjung disuguhi pemandangan yang indah di kanan atau kiri jalan , berupa hamparan lahan perkebunan kopi atau tembakau.

Sedangkan harga tiket masuk ke lokasi yang dikelola Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes) Tirta Sembaga tersebut juga sangat terjangkau. Yakni hanya Rp 5.000 per orang , parkir sepeda motor Rp5.000 per motor dan untuk mobil Rp 10.000  per mobil.

Bila pengunjung hendak menginap atau camping di sekitar Embung Bansari harus menambah uang sebesar Rp 10.000 per orang  untuk tiket camping. W. Cahyono