blank
Ketua panitia Pekan ‘UMKM’ Kudus Andre Herdian memaparkan even yang akan digelar. foto:dok/Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID)  – PT Sukun Wartono Indonesia akan menghadirkan even ‘Pekan UMKM Kudus’ sebagai salah satu langkah memperkenalkan semua potensi lokal tiga kabupaten di Jawa Tengah. Yakni Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Jepara.

Baik potensi kuliner, wisata, hingga hasil kreasi masyarakatnya akan dipamerkan dalam satu wadah bernama ‘Pekan UMKM Kudus’ yang akan dihelat di Alun-alun Simpang 7 Kabupaten Kudus,  Jawa Tengah pada 10 hingga 11 September 2022 mendatang.

Acara tersebut berkonsep layaknya bazar kreasi. Dengan total stand berjumlah 75 buah. Ke-75 stand tersebut, merepresentasikan umur PT Sukun Wartono Indonesia yang kini menginjak usia 75 tahun pada 19 Agustus 2022 kemarin.

Adapun rinciannya, 40 stand berasal dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengan (UMKM) binaan Kamar Dagang Industri Kabupaten Kudus, kemudian sepuluh UMKM binaan Kadin Pati, sepuluh UMKM binaan Kadin Jepara, dan 15 UMKM binaan PT Sukun Wartono Indonesia.

Mereka, akan dikelompokkan menjadi sejumlah kategori sesuai barang yang dijual atau dipamerkan. Dengan begitu, pengunjung Pekan UMKM Kudus Persembahan PT Sukun Wartono Indonesia ini bisa nyaman menikmati stan-stan para pelaku UMKM dari tiga kabupaten itu.

Masyarakat pun tak perlu membayar untuk berkunjung ke area Pekan UMKM Kudus. Sejumlah hiburan dan kegiatan menarik juga akan dihadirkan dan diselenggarakan sesuai jadwal yang telah diatur panitia.

Mulai dari Kudus Fashion Week yang menampilkan puluhan model dari belasan brand hijab ternama, hingga lomba Barongan Kudus yang sarat akan budaya daerah.

Ketua panitia Pekan ‘UMKM’ Kudus Andre Herdian mengungkapkan, acara ini terselenggara berkat komitmen PT Sukun Wartono Indonesia yang ingimengangkat potensi lokal untuk lebih dikenal di masyarakat. Ini adalah salah satu langkah yang baik untuk kemajuan UMKM agar mereka bisa naik level.

”75 stand kami bawa ke Alun-alun Kudus, kami perlihatkan bahwa iniloh potensi lokal dari tiga kabupaten yakni Kudus, Pati, dan Jepara, ini keren-keren dan sudah sangat layak untuk bersaing di pasar,” katanya .

Melalui kegiatan ini, dia yakin akan ada banyak UMKM yang semakin tumbuh dan berkembang karena dikenal masyarakat luas. Pasalnya even baru ini bertepatan dengan penyelenggaraan Sukun Tour De Muria 2022. Di mana ada 600 lebih pembalap dari berbagai penjuru Indonesia yang hadir di sana.

”Ini salah satu kesempatan baik bagi mereka untuk show off produknya, kami yakin aka nada banyak perputaran ekonomi di sana,” pungkasnya.

Corporate Secretary PT Sukun Wartono Indonesia Deka Hendratmanto mengungkapkan, segenap jajaran direksi berharap melalui kegiatan ini segala potensi daerah bisa semakin terangkat. Sehingga para pelaku UMKM di Kabupaten Kudus, Jepara, dan Pati bisa semakin berkembang lagi.

Jajaran direksi PT Sukun Wartono Indonesia, juga akan terus berkomitmen dalam hal pengembangan UMKM khususnya di Kabupaten Kudus dan sekitarnya.

”Melalui kegiatan ini kami ingin maju bersama mereka, kami rasa potensi-potensi lokal di Kudus, Jepara dan Pati sangatlah melimpah dan sangat menarik, maka akan sangat disayangkan bila ini tidak dilirik khalayak luas. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini kami berharap itu semua bisa terangkat dengan baik,” tandasnya.

Ali Bustomi