blank
Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu tengah memetik timun dalam kegiatan panen raya yang berlangsung di Lapas Semarang. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Semarang menggelar panen raya, hasil perkebunan dan perikanan dari narapidana.

Dalam kegiatan panen raya dihadiri Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang berlangsung di Lapas Semarang, Sabtu (27/8/2022).

Hevearita mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya menyampaikan, panen raya ini sangat penting dilakukan di Lapas, agar para narapidana mendapatkan ilmu di bidang pertanian dan perikanan.

“Harapannya narapidana paham dalam melakukan penanaman bibit buah dan sayuran, serta memanfaatkan hasil dari panen buah dan sayuran,” ungkap Hevearita.

“Begitupun di bidang perikanan, mulai dari memilah benih ikan lele, sampai indukan ikan lele yang siap untuk diolah/dipasarkan, untuk meningkatkan kemandirian, mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dan implementasinya dapat dilakukan diluar nantinya,” lanjut dia.

Wakil Walikota mengaku akan membantu memfasilitasi hasil panen narapidana untuk bisa dipasarkan di masyarakat umum, melalui bantuan dinas terkait.

Sementara, Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji menjelaskan, adanya kegiatan panen bersama ini untuk membentuk keterampilan para narapidana di bidang pertanian dan perikanan.

“Narapidana dilatih untuk bisa melakukan penanaman bibit buah dan sayuran, mulai dari penanaman sampai dengan pemanenan, begitu juga di bidang perikanan,” jelas Kalapas.

“Nantinya, kegiatan ini bisa diimplementasikan dalam masyarakat, setelah selesai menjalani masa pidana di Lapas, agar bisa menjadi pribadi yang bermanfaat dan tidak mengulangi tindak pidana lagi,” harapnya.

Kegiatan panen bersama ini dimulai dengan pemetikan buah tomat, timun suri, dan pemetikan sayur-sayuran, yakni sayur kangkung, pare, sawi, dan buncis.

Kegiatan dilanjutkan meninjau Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Semarang, untuk melakukan penanaman bibit pohon pisang pemberian dari Wakil Walikota Semarang.

Ning Suparningsih