blank
Sekum KONI Kota Teguh Setiyono, berfoto bersama dengan Ketua Pengcab PABSI Kota Semarang Iskandar dan atlet Diah Ayu P, peraih medali emas kelas 76 kg putri. Foto: riyan

KUDUS (SUARABARU.ID)– Kota Semarang meraih gelar juara umum Kejuaraan Angkat Besi Pra Porprov 2022, yang berlangsung Kamis-Jumat (25-26/8/2022), di Gedung Lapangan Indoor Tenis GOR Wergu, Kudus. Para atlet Kota Semarang berhasil membawa pulang tiga medali emas, empat perak, dan tiga perunggu.

Urutan kedua ditempati kontingen Kabupaten Kendal (3-2-4), urutan ketiga Kabupaten Banyumas (3-2-1). Urutan berikutnya Kabupaten Grobogan (2-3-3), Kabupaten Blora (2 emas, 3 perak). Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Semarang sama-sama memperoleh satu medali emas, dan Kota Surakarta (1 Perak). Empat daerah lainnya, Kabupaten Banjarnegara, Boyolali, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Pati, masing-masing memperoleh satu perunggu.

Kejuaraan yang sekaligus menjadi ajang seleksi atlet Porprov 2023 di Pati Raya itu, mempertandingkan beberapa kelas. Untuk kategori putra terdiri dari kelas 49 kg, 55 kg, 61 kg, 67 kg, 73 kg, 81 kg, 96 kg, 102 kg, dan 102+kg. Sedang untuk kategori putri terdiri dari kelas 49 kg, 55 kg, 59 kg, 64 kg, 76 kg, dan 76+kg.

BACA JUGA: Heboh, Ribuan Mahasiswa Unair Teriaki Ganjar, Tugiman…

Ketua Pengcab PABSI Kota Semarang, Iskandar, Sabtu (27/8/2022) mengatakan, di ajang Pra Porprov ini, pihaknya mengirimkan 16 atlet yang bertanding di 11 kelas. Sejak awal, pihaknya yakin bakal bisa mencapai hasil maksimal, sampai akhirnya benar-benar mampu menyabet gelar juara umum.

”Kami telah mempersiapkan atlet-atlet secara maksimal, karena target kami bisa meloloskan sebanyak-banyaknya atlet untuk Porprov 2023 di Pati Raya,” katanya.

Tiga atlet yang mendulang medali emas untuk kontingen Kota Semarang adalah, Bram Setyawan (kelas 102 kg putra), Anis Nur (kelas 64 kg putri), dan Diah Ayu P (kelas 76 kg putri).

BACA JUGA: Digitalisasi Pembangkit PLN Tingkatkan Efisiensi Operasi dan Layanan Ketenagalistrikan

Untuk empat medali perak diperoleh Ifah Romadian (kelas 59 kg putri), Nicholas Destyan Prayuda (kelas 49 kg putra), Tegar Wicaksono (kelas 67 kg putra), dan Gurit Sugiyanto (kelas 73 kg putra).

Sedang tiga medali perunggu dipersembahkan Khoirul Dwi Anggaeni (kelas 49 kg putri), Yunensi Novitasari (kelas 59 kg putri), dan Dorian Yates (kelas 96 kg putra).

Secara keseluruhan, Kejuaraan Angkat Besi Pra Porprov 2022 di Kudus itu, diikuti 98 atlet yang terdiri dari 63 atlet putra dan 35 atlet putri. Mereka mewakili 15 Pengcab yang ada di Jateng.

BACA JUGA: Kolaborasi PSIS dan KFC Arungi Liga 1 Musim 2022/2023

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Kota Semarang, Teguh Setiyono SE, yang secara langsung ikut menyaksikan kejuaraan itu menyampaikan, dengan gelar juara umum yang diperolehnya itu, pihaknya merasa yakin para atlet angkat besi Kota Semarang bakal bisa berbicara banyak di ajang Porprov 2023 mendatang.

”Hasil maksimal itu menunjukkan, PABSI Kota Semarang benar-benar serius mempersiapkan atletnya. Ini sekaligus menjadi gambaran awal, bahwa di ajang Porprov 2023 mendatang kita akan mampu berkompetisi,” ungkapnya.

Dia juga berpesan, agar para atlet dan pelatih tidak terlena dengan gelar juara umum Pra Porprov ini. Sebab, persaingan di Porprov mendatang akan lebih kompetitif.

”Gelar juara umum ini, sesuai pesan Ketua Umum KONI Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara, bisa menjadi pelecut, agar para atlet lebih serius mempersiapkan diri untuk menuju Porprov 2023. Di ajang Porprov, persaingannya akan tambah ketat, namun saya yakin, atlet-atlet angkat besi Kota Semarang bisa menjadi yang terbaik,” harap dia.

Riyan