blank
Ilustrasi tamanan emas, Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Percayakah Anda jika ternyata ada jenis tanaman penghasil emas, dan beberapa diantaranya tumbuh di tanah Indonesia? Tentu ini memunculkan pertanyaan pada benak publik, terkait apa saja tanaman penghasil emas yang ada di dunia ini.

Dilansir dari Suara.com, Nah agar bisa memahami lebih lanjut terkait topik tersebut, Anda bisa langsung simak apa saja tanaman penghasil emas yang dijelaskan dalam poin di bawah ini.

1. Jamur Merah Muda

Memiliki nama yang cukup imut, jenis tanaman penghasil emas ini diklaim memiliki kandungan partikel emas di dalamnya. Jenis jamur ini banyak ditemukan di Australia bagian barat, dan hingga saat ini menarik banyak minat peneliti dari area tersebut.

Baca Juga: Drama Terbaru Lee Joon Gi Dengan Rating Tinggi, Berikut Sinopis Drama Korea Again My Life

Untuk memperkuat klaim tersebut, jamur merah mudah juga biasanya ditemukan di area tanah yang mengandung banyak emas. Ini mengapa, jamur merah muda disebut sebagai satu dari beberapa tanaman penghasil emas.

2. Daun Pandan

Kamu tidak salah baca, daun pandan yang biasa dijadikan penyedap masakan ini ternyata juga termasuk dalam salah satu jenis tanaman penghasil emas. Penelitian menyebutkan bahwa dalam daun pandan ternyata memiliki kandungan emas, bahkan hingga berlian.

Jenis yang memiliki kandungan tersebut adalah pandanus candelabrum atau pandan lilin. Sialnya jenis pandan ini tidak tumbuh di Indonesia, dan tumbuh di gurun Afrika.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Simak Yuk…

3. Pohon Kayu Putih

Selanjutnya ada pohon kayu putih. Selain menghasilkan komoditas yang bernilai tinggi, ternyata pohon ini juga mengandung partikel emas di dalamnya. Penelitian di Australia menyebutkan partikel emas terletak di bagian daun.

Jumlahnya terbilang cukup banyak. Jika diperhitungkan, dibutuhkan 500 pohon kayu putih untuk menghasilkan satu cincin emas. Itulah jenis tanaman penghasil emas yang ketiga.

4. Jarak Pagar

Jarak pagar diketahui dapat menghasilkan butiran emas murni. Hal ini dikonfirmasi oleh peneliti dari Institut Pertanian Bogor. Pohon jarak pagar cenderung tumbuh subur di area yang mengandung logam tinggi.

Baca Juga: Jenis Sayuran Ungu yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Jarak pagar menyerap logam dengan cara yang disebut hiperakumulator, yang tak hanya dapat menyerap emas namun juga perak, platinum, dan nikel.

Itu tadi setidaknya 4 tanaman yang dapat menghasilkan emas. Terjawab sudah bukan pertanyaan apa saja tanaman penghasil emas yang ada di dunia.

Claudia