blank
DPC Persatuan Ahli Kecantikan dan Pengusaha Salon Indonesia Tiara Kusuma Jepara, pejabat Jepara, dan para peserta (Foto: Diskominfo Jepara)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Para ahli kecantikan yang berasal dari lima kabupaten eks Karesidenan Pati mengikuti seminar tata kecantikan rambut dan kulit serta gelar karya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh DPC Persatuan Ahli Kecantikan dan Pengusaha Salon Indonesia Tiara Kusuma Jepara bertempat di Gedung Shima kompleks Setda Jepara (24/5-2022).

blank
Ratib Zaini Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik (Foto: Diskominfo Jepara)

Lima kabupaten sebagai perwakilan peserta berasal dari Jepara, Kudus, Rembang, Blora dan Pati. Mereka memperoleh materi tentang pewarnaan rambut dan riasan pengantin Bridal untuk meningkatkan kompetensi dan kreativitas dalam mengeksplorasi karya riasan.

Selain itu acara ini diramaikan pula dengan kegiatan bazar stan UKM di halaman gedung.

blank

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ratib Zaini hadir bersama Ketua Komisi C DPRD Jepara Nur Hidayat, Ketua Kadin Jepara Andang Wahyu Triyanto, serta Ketua DPC Tiara Kusuma Jepara Siti Aqidatun.

Penjabat Bupati Jepara yang diwakili Ratib Zaini menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai bagian dari upaya penguatan SDM kreatif serta menjadi kontribusi nyata terhadap jalannya pembangunan dan kebangkitan perekonomian. “Ini merupakan suatu hal positif dimana setiap unsur terus bergerak membangkitkan segala potensi yang ada,” ujarnya.

Harapannya para peserta seminar bisa lebih mengeksplorasi diri, serta meningkatkan kemampuan, bakat dan minat secara profesional. Yang terpenting bagaimana memadukan pesona tradisi dan budaya dalam setiap riasan. “Upayakan untuk selalu nguri-uri apa yang telah diwariskan para pendahulu kita. Terus gali budaya bangsa dan kolaborasikan dengan kemajuan yang ada,” harap Ratib.

blank

Sementara, Ketua DPC Tiara Kusuma Jepara Siti Aqidatun menyampaikan Tiara Kusuma Jepara merupakan organisasi profesi tentang tata kecantikan kulit dan rambut. Ada sebanyak 80 salon anggota yang sudah mengikuti ujian dari Lembaga Sertifikasi Profesi. Semuanya memperoleh ijazah yang diakui negara-negara anggota ASEAN.

Kepada para ahli kecantikan yang berasal dari luar kota, pihak panitia menyambut baik dan mempersilakan untuk menikmati serta mengeksplorasi Jepara baik itu pesona wisata dan produk khas, kelezatan kuliner, sampai budayanya.

Alvaros – Kmf