blank
Walikota Semarang Hendrar Prihadi bersama Dishub meninjau Terminal Mangkang dalam rangka kesiapan arus balik mudik 2022.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lalu lintas perjalanan mudik lebaran 2022 baik arus kedatangan hingga arus balik selama sepekan belakangan di wilayah Kota Semarang terbilang aman terkendali bahkan boleh dibilang lancar tanpa macet, oleh karenanya Pemkot Semarang mengucapkan terimakasih kepada para pemudik.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, saat meninjau terminal Mangkang akhir pekan ini menyebutkan, ada perbedaan yang dirasakan dalam pemantauan kegiatan arus mudik dan balik selama seminggu penuh. Walikota mengungkapkan tidak ada kemacetan panjang pada arus mudik maupun arus balik di perlintasan ibu kota provinsi Jawa Tengah ini.

Oleh karena itu Walikota Semarang yang akrab disapa Hendi ini mewakili Pemkot dan segenap warga Kota Semarang mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mengupayakan kelancaraan arus kendaraan tersebut.

“Kelancaraan arus tersebut membuat kenyamanan di Kota Semarang dapat terjaga selama masa libur lebaran. Ya kalau padat pasti padat, tapi baik di tol maupun non tol Alhamdulillah strategi pengaturan arusnya berjalan dengan baik. Memang ada beberapa titik yang menjadi tantangan, misalnya di tanjakan Gombel ada beberapa kendaraan yang tidak kuat menanjak hingga overheat namun bisa langsung tertangani,” katanya

Adapun salah satu strategi yang diapresiasi adalah terkait pemberlakuan sistem lalu lintas one way atau satu arah di jalan tol yang dikeluarkan pemerintah dengan mempertimbangkan kondisi di lapangan.

“Kesigapan teman – teman perhubungan, kepolisian, juga TNI sangat luar biasa. Salah satunya saat arus mudik one way tol diperpanjang dari yang semula sampai Kalikangkung, kemudian dengan cepat ditarik hingga ke Bawen,” katanya.

Selain itu pada ruas – ruas tertentu yang sudah sangat padat, semua kendaraan dari tol kemudian dikeluarkan untuk masuk Kota Semarang, sehingga bagian wilayah kota menjadi tambah ramai yang efeknya otomatis memicu perputaran roda ekonomi semakin kencang.

Tak lupa, Walikota tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas dan relawan yang tidak mudik selama kegiatan mudik lebaran untuk mendukung kenyamanan para pemudik.

“Selama libur lebaran saya berkelliling titik pantau di Kota Semarang, saya apresiasi dan terima kasih kawan – kawan yang tetap siaga dan rela tidak mudik, baik itu yang di pelayanan kesehatan, call center, transportasi, perhubungan, TNI, Polri, dan seterusnya,” katanya.

Tak hanya itu, Walikota juga mengucapkan terima kasih kepada jajarannya yang terlibat dalam program pelayanan akhir pekan dan malam hari oleh Pemerintah Kota Semarang mulai tanggal 7 Mei 2022.

“Termasuk sedulur – sedulur di Kelurahan, Kecamatan, Disdukcapil, dan seterusnya yang membuka pelayanan lebih awal meskipun masih dalam masa libur lebaran, saya sampai terima kasih,” katanya.