blank
Bidpropam Polda Jateng saat melakukan sidak di SPKT Polsek Tingkir. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Untuk meningkatkan disiplin dan mencegah terjadinya pelanggaran anggota Polri, dilakukan upaya mitigasi oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Jateng dengan cara melaksanakan sidak pengecekan di Polres-polres jajaran.

Tercatat, selama bulan Februari 2022, Bidpropam melakukan empat kali sidak ke Polres jajaran yang dipimpin langsung Kabidpropam Polda Jateng, Kombes Pol Mukiya, S Pd.I.

Mereka (tim) melakukan pengecekan ke Polrestabes Semarang, Polres Sragen, Polres Grobogan dan Polres Salatiga.

Mukiya menyampaikan bahwa kegiatan pengecekan itu dilaksanakan secara acak. “Kita lakukan secara mendadak dan tanpa pemberitahuan. Ini untuk melihat langsung pelaksanaan tugas mereka di lapangan secara riil, apakah sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan,” ungkap Mukidi, Selasa (1/3/2022).

Diterangkan, sasaran sidak yang dilakukan adalah mengecek kehadiran anggota, sikap tampang dan pengecekan barang bukti, gampol, sikap tampang, kelengkapan data diri, kerapihan dan kebersihan, serta ruang dan kondisi tahanan administrasi, kerapihan, kebersihan penjagaan markas komando, dan kondisi ruang tahanan.

Tim Bidpropam juga  melakukan sidak di Polres Salatiga pada Sabtu, 26 Februari 2022. Di kota itu, tim melakukan inspeksi di Mapolres Salatiga, Polsek Tingkir, Polsek Argomulyo dan Polsek Sidomukti.

“Seperti halnya di Salatiga beberapa waktu lalu, tim Bidpropam melakukan pemeriksaan surat izin pinjam pakai senjata api oleh anggota, administrasi penjagaan Mako, serta memeriksa kondisi ruang tahanan,” ungkapnya.

Dari kegiatan itu, Kabidpropam mendapatkan beberapa temuan seperti administrasi yang tidak tertib, personil yang terlambat masuk dinas, dan adanya personil penjagaan yang tidak bercukur rapi.

“Sementara hasil pengecekan ruang tahanan di Salatiga kami menemukan 21 tahanan terpapar Covid-19. Untuk itu kami menginstruksikan agar kondisi kesehatan mereka dipantau dan diupayakan segera penyembuhannya,” kata Mukiya.

Sedangkan terkait CCTV yang terpasang di Mapolres maupun Mapolsek, Kabidpropam menyatakan mayoritas dalam kondisi bagus dan berfungsi baik.

“Untuk temuan-temuan di masing-masing Polres akan kita kompulir dan kita evaluasi. Terkait anggota yang tidak hadir saat jam dinas dan pelanggaran lainnya, akan diproses sesuai aturan yang berlaku,” tandasnya.

Mukiya menyatakan, pemeriksaan atau sidak di Polres jajaran akan terus dilakukan oleh tim Bidpropam Polda Jateng.

“Ini akan terus dilakukan sebagai langkah mitigasi upaya pencegahan pelanggaran anggota Polri, serta untuk meningkatkan kesiapsiagaan anggota dalam setiap penugasan,” pungkasnya.

Ning