blank
Mudrikatun saat serahkan piagam akreditasi

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Daerah Kabupaten Jepara  menyelenggarakan kegiatan Seminar Perpustakaan dengan tema Ngobrol Pintar Literasi, Tingkatkan Minat Baca di Era Pandemi.

Hadir sebagai narasumber, Bunda Baca Jepara  Hesti Nugroho, Kepala Diskarpus Umar Chotob, dan  Muhammad Hasan Ketua Forum TBM Jepara yang dikenal dengan panggilan Den Hasan).

Acara dilaksanakan di Pendapa Kartini, Kamis (24/2/3022) ini diikuti  unsur pendidikan, perpustakaan desa, Taman Baca Masyarakat (TBM), serta penggiat literasi. Hadir juga Bupati Jepara Dian Kristiandi yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Mudrikatun, sekaligus membuka acara.

BACA JUGA FPPBS Siapkan Road Map Pelestarian Budaya dan Sejarah Jepara

Dalam sambutannya, Mudrikatun semakin tinggi minat baca seseorang maka akan semakin luas wawasannya dan akan mampu berfikir kritis. “Semakin kompeten tingkat literasi seseorang, maka akan mampu menyikapi informasi secara benar dan tidak akan mudah diperdaya oleh hoaks,”katanya.

Oleh sebab itu keberadaan perpustakaan berperan penting dalam mendorong tingkat budaya literasi masyarakat. Namun demikian,  dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, perpustakaan tidak bisa lagi dikelola secara konvensional.

Diskarpus  Kabupaten Jepara telah memeroleh penghargaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sebagai Perpustakaan Terbaik dalam Implementasi Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2021 lalu. Prestasi ini mengulang kembali prestasi serupa di tahun 2016, 2017, 2018, dan di tahun 2020.

BACA JUGA Bantuan Sepeda Motor untuk Istri Terduga Teroris dari Pemkab Jepara Sudah Tepat

Perpustakaan berbasis inklusi sosial adalah Perpustakaan yang memberikan layanan informasi ke masyarakat tidak hanya melalui penyediaan bahan pustaka saja, namun juga menyediakan layanan komputer dan internet gratis serta memfasilitasi kegiatan pelatihan dan pembelajaran gratis bagi masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

Pada kesempatan itu, diserahkan  Piagam Akreditasi Perpustakaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada sembilan perpustakaan di Jepara.

Diantaranya Perpustakaan Unisnu Jepara, perpustakaan Penuh Warna SMAN 1 Pecangaan, perpustakaan Widya Pustaka SMPN 1 Jepara, perpustakaan Mentari Harapan SDN 2 Margoyoso Kalinyamatan, perpustakaan Hibrid Desa Bandungharjo Donorojo, perpustakaan Sumber Ilmu Desa Kunir Keling mendapatkan nilai akreditasi A.

Sedangkan perpustakaan Widya Cemerlang SMPN 3 Jepara, perpustakaan Manbaul Hikmah SDIT Manbaul Ulum Mayong, serta perpustakaan Puspa Desa Pancur Mayong dengan nilai akreditasi B.

Alvaros

BACA JUGA Tembus 1.000 Warga Jepara Positif Covid, 4 SMA dan SMK Hentikan PTM