blank
Tim Satgas Pemakaman Covid-19 Kabupaten Wonogiri, dinihari tadi menguburkan jenazah secara Prokes di TPU Wonokarto, Wonogiri.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Prosesi pemakaman jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) Rabu dinihari (15/2) tadi, menjadi yang keduabelaskalinya di Kabupaten Wonogiri dalam kurun waktu empat hari terakhir ini.

Yang dikuburkan tadi pada Pukul 00.26 dan selesai Pukul 00.43 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Wonokarto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, adalah jenazah Kakek S (77).

Pemulasaraan jenazah (pangrukti layon)-nya dilakukan tim medis RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, tempat yang bersangkutan menjalani opname sampai meninggal.

Kemudian prosesi penguburannya, dilakukan oleh Tim Satgas Pemakaman Covid-19 Kabupaten Wonogiri. Terdiri atas personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama aparat terkait dan relawan.

Untuk penggalian liang lahat, sebelumnya dilakukan oleh pengurus TPU Wonokarto bersama warga masyarakat. Guna menerangi gelapnya malam, dipasang lampu listrik darurat yang ditarik dari jaringan rumah terdekat.

Jogo Tonggo

Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, sebelumnya pada Selasa siang (15/2) juga dilakukan pemakaman jenazah secara Prokes di TPU Bayaloka Dusun Jagir, Desa Krandegan, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri.

blank
Di bawah koordinasi BPBD Kabupaten Wonogiri, relawan Jogo Tonggo menguburkan jenazah secara Prokes di TPU Bayaloka Dusun Jagir, Desa Krandegan Kecamatan Bulukerto, Wonogiri.

Yang dimakamkan adalah jenazah seorang pria berinisial H (50). Pemulasaraan jenazahnya dilakukan oleh pihak RSUD Dokter Moewardi Surakarta, tempat dimana yang bersangkutan opname sampai menghembuskan nafas terakhirnya.

Selanjutnya, prosesi pemakamannya dilakukan oleh relawan dari Jogo Tonggo Desa Krandegan, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri. ”Di bawah koordinasi BPBD Kabupaten Wonogiri,” jelas Bambang Haryanto.

Selama pemakaman berlangsung, mendapat pendampingan pengamanan personel TNI-Polri dari Polsek dan Koramil.

Ikut hadir menyaksikan prosesi dua pemakaman jenazah tersebut,jajaran Forkompimcam Kecamatan Wonogiri dan Kecamatan Bulukerto, masing-masing bersama tenaga medis dari Puskesmas setempat, perangkat desa dan perwakilan keluarga yang berduka.

Bambang Pur