blank
Kepala Kanim Kela II Non TPI memberi penghargaan dalam rangka HBI ke-72 tahun 2022. Foto : SB/dok

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo Jawa Tengah melaksanakan upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HAB) ke-72 tahun 2022 secara virtual melalui aplikasi zoom di aula kantor, Kamis (27/01).

Kegiatan upacara dan tasyakuran ini menutup rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-72, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo telah mengikuti serangkaian kegiatan.

Antara lain kegiatan seminar nasional dalam rangka HBI ke-72 yang mengangkat tema “Penguatan Pengelolaan Perbatasan Dalam Perspektif Kolaborasi Manajemen Perbatasan” secara virtual melalui aplikasi zoom di ruang rapat lantai 2 yang dibuka langsung oleh Menkumham RI, Yasonna H Laoly, Selasa -Rabu(18-19/01) .

Juga apel nasional gabungan Imigrasi-TNI-POLRI dan instansi terkait pengawasan dalam rangka penegakan hukum keimigrasian dan rangkaian peringatan HBI ke-72. Kegiatan secara terpusat berlangsung di Dermaga 99 Harbour Bay Batam secara virtual melalui aplikasi zoom.

Kegiatan apel nasional ini dihadiri secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly serta Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sjarief Hiariej pada Rabu (19/01) .

Kegiatan Bedah Buku Keimigrasian “Suatu Pengantar” yang dilaksanakan secara virtual oleh Direktorat Jenderal Imigrasi dibuka oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sjarief Hiariej pada Kamis (20/01). Narasumber kegiatan bedah buku ini berasal dari sejumlah Universitas yang ada di Indonesia.

Dalam bedah buku tersebut para narasumber memberikan penjelasan tentang sejarah hukum Imigrasi dari tahun ke tahun. Diharapkan dapat menjadi pedoman dalam menyusun kebijakan Hukum Keimigrasian.

Serta kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk membawa manfaat kepada masyarakat. Adapun kegiatan tersebut mulai dari kegiatan donor darah yang pada Rabu (19/01) yang diikuti oleh pegawai Kantor Imigrasi Wonosobo dan Rumah Tahanan Wonosobo.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu menjaga stabilitas persediaan kantong darah di Kabupaten Wonosobo di masa pandemi Covid-19.
Dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial di Yayasan Panti Asuhan Daarul Falah, Selokromo, Wonosobo.

Selain itu Bakti Sosial berupa sembako dan APD juga diberikan kepada warga yang membutuhkan di lingkungan sekitar kantor.

Kegiatan Fun Bike dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi ke 72 Tahun 2022. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo pada hari Sabtu, (22/01).

Pemberian Penghargaan

blank
Peringatan HBI ke-72 di Kanim Kela II Non TPI Wonosobo tahun 2022. Foto : SB/dok

Rute kegiatan Sepeda Santai (Fun Bike) di Lingkungan Kantor dengan jarak 5 Km, Start di Taman Fatmawati Wonosobo dan finish di Kantor Imigrasi Wonosobo.

Kegiatan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Wirapati Wonosobo yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo, Ari Widodo.

Sebelum dilakukan tabur bunga di pusara makam, acara diawali dengan apel untuk penghormatan kepada arwah pahlawan yang telah gugur dan peletakan karangan bunga di depan monumen TMP Wiropati pada Senin (24/01).

Sebagai acara puncak yaitu upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-72 secara virtual di Aula Lantai 2 Kantor Imigrasi Wonosobo, pemotongann tumpeng sebagai wujud rasa syukur dan penghargaan dari Kepala Kantor kepada Seksi/Sub Bagian atas prestasi di tahun 2021.

Adapun penghargaan yang diberikan kepada : Pertama, seksi dokumen izin tinggal keimigrasian sebagai tim pelaksana pelayanan publik berbasis HAM tahun 2021 pada Jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah.

Kedua, seksi intelijen dan penindakan keimigrasian sebagai tim berkinerja terbaik III tahun 2021 pada Jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah kategori penegakan hukum keimigrasian.

Ketiga, seksi teknologi informasi dan komunikasi keimigrasian sebagai tim berkinerja terbaik II tahun 2021 pada Jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah kategori pelaksanaan kegiatan sosialisasi pelayanan Eazy Paspor terbanyak.

Keempat, seksi teknologi informasi dan komunikasi keimigrasian sebagai tim berkinerja terbaik tahun 2021 sebagai penyediaan data statistik di Kabupaten Wonosobo dari Badan Pusat Statistik Wonosobo.

Kelima, urusan keuangan sebagai tim dengan kinerja pelaksanaan anggaran terbaik I tahun 2021 pada wilayah kerja KPPN Banjarnegara Jawa Tengah.

Keenam, urusan kepegawaian sebagai Tim Berkinerja Terbaik I 2021 pada Jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah kategori pelaporan dan pembinaan terbaik dalam kepatuhan dan ketaatan disiplin ASN.

Muharno Zarka