blank
Bupati Jepara Dian Kristiandi, menyerahkan rekomendasi kepada Ketua Dewan Pembina Yayasan Dharma Bakti Lestari, Lestari Moerdijat di Jakarta

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Bupati Jepara Dian Kristiandi, menyerahkan rekomendasi pengusulan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional kepada tim peneliti, yang diterima Ketua Dewan Pembina Yayasan Dharma Bakti Lestari, Lestari Moerdijat di Jakarta, Senin (25/1 2022. Turut hadir Dr Alamsyah, salah satu tim pakar. Penyerahan dilakukan di rumah dinas Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

Bupati Dian Kristiandi memberikan apresiasi adanya gagasan untuk mengusulkan gelar terhormat bagi Penguasa Jepara abad XVI tersebut.  “Kami malah senang dan berterima kasih ada gagasan seperti ini. Akan kita selesaikan bareng-bareng,” ungkap Dian Kristiandi,blank

Ketua Dewan Pembina Yayasan Dharma Bakti Lestari, Lestari Moerdijat saat menerima rekomendasi pengusulan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional dari Bupati Jepara Dian KristiandiDian Kristiandi juga menjelaska,  ada pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan bersama-sama masyarakat, seperti meluruskan kembali sejarah Ratu Kalinyamat yang masih banyak dibengkokan. Sejarah perjuangan Ratu Kalinyamat yang selama ini tidak diungkap, lanjutnya, juga perlu digaungkan.

Lestari Moerdijat pada pertetuan ini  mengungkapkan, gelar pahlawan nasional untuk Ratu Kalinyamat, merupakan usulan masyarakat Bumi Kartini. Penelitian yang dilakukan selama dua tahun lebih juga banyak melibat organisasi masyarakat serta lembaga pendidikan.

Menurut Lestari Moerdijat, setelah dilengkapi rekomendasi ini, awal bulan depan direncanakan diajukan ke pemerintah provinsi. “Setelah dikaji tim penilai daerah, selanjutnya diajukan ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Hadepe – kmf