blank
Acara tabur bunga di TMP Wiropati Wonosobo. Foto: SB/dok

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Peringati Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-72, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, bersama jajaran Unit Pelaksana Teknis se-Kota Semarang, melakukan upacara dan ziarah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal, Senin (24/1/2022).

Acara dimulai pukul 08.00 WIB, dan dihadiri Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrasi, Kepala UPT se-Kota Semarang dan jajarannya, termasuk Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang dan Rudenim Kelas I Semarang.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kakanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin. Sedangkan Kepala Kanim Kelas I TPI Semarang, Guntur Sahat Hamonangan sebagai Perwira Upacara. Sementara Kasi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian, Purnomo bertindak sebagai Komandan Upacara.

BACA JUGA: Binda Jateng Terus Gencarkan Vaksin Covid-19 bagi Anak-anak

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin mengatakan, upacara dan ziarah tabur bunga itu untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan.

”Hari ini dilaksanakan upacara dan ziarah tabur bunga di makam pahlawan, dalam rangka kita memperingati HBI ke-72. Ini penting, karena kita sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu ingat kepada pahlawannya,” ujar Yuspahruddin, usai kegiatan tabur bunga.

Di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal itu, terdapat makam mantan Menteri Hukum dan HAM, almarhum Prof Dr Muladi.

BACA JUGA: Apresiasi Sosro Peduli UMKM, Taj Yasin Ajak Kerja Sama Lebih Serius

”Kebetulan ada di Taman Makam Pahlawan Jateng ini, ada makam mantan Menteri Hukum dan HAM, almarhum Prof Dr Muladi. Artinya, kami kebetulan melaksanakan ziarah dan tabur bunga ini langsung menabur di makam almarhum,” terang Kakanwil lagi.

Kegiatan upacara dan ziarah tabur bunga di TMP Giri Tunggal itu, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HBI ke-72. Sebelumnya, telah dilaksanakan acara donor darah pada Rabu (19/1/2022) dan Fun Bike Sabtu (22/1/2022).

Puncak HBI ke-72 pada Rabu (26/1/2022). Namun rencananya, upacara baru akan dilaksanakan Kamis (27/1/2022) secara virtual, dan terkoneksi dari Kantor Pusat di Kanwil Kemenkumham Jateng.

BACA JUGA: ‘Het Klaverblad’ Pejuang dan Pahlawan Perempuan asal Jepara

Sementara itu, pada Senin (24/1/2022), Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo, juga melakukan kegiatan upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wirapati, Wonosobo.

Upacara dipimpin Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo, Ari Widodo, diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang telah gugur, dan peletakan karangan bunga di depan monumen TMP Wiropati.

”Usai apel dilanjutkan tabur bunga yang dilakukan seluruh peserta upacara yang hadir. Acara tabur bunga di pusara makam para pahlawan itu, sebagai bentuk penghormatan jasa para pendahulu kita,” tukasnya.

Muharno Zarka-Riyan