Para pemenang lomba stan KaTa Kreatif Jateng 2024 di Purwokerto bergambar bersama Koordinator Konten dan Sarana Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Elizabeth Hutagaol, Minggu (23/6/2024). Foto: R. Widiyartono

PURWOKERTO (SUARABARU.ID) – Ikon baru kota Purwokerto, Menara Pandang Teratai di berlokasi di Jalan Bung Karno, Kalibener, Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas menjadi amat ramai, meskipun bukan hari libur.

Keramaian itu tampak sedari hari Kamis, 20 Juni sampai 23 Juni 2024. Selain tenda-tenda milik pedagang yang biasa berjualan di Kawasan itu, juga ada lebih dari 30 tenda yang menjadi stan pameran produk ekonomi kreatif dari sekurangnya 27 daerah kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Ya, mereka mengikuti kegiatan Semarak KaTa Kreatif (Kabupaten/Kota) Jateng 2024, yang diselenggarakan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dengan tuan rumah Kabupaten Banyumas yang sudah ditetapkan sebagai KaTa Kreatif bidang Pertunjukan.

Acara dibuka oleh Plt Asisten Ekonomi & Pembangunan Sekda Provinsi Jateng Dr. A. P. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, dihadiri Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, S.Stp, M.Si, Wali Kota Tegal Dadang Somantri, Plh Kepala Disporapar Jateng Syurya Deta Syafrie, ST, MT, dan para Kepala Dinas Pariwisata se-Jateng, dan undangan lainnya.

Kepala Disbudpar Kudu Mutrikah menerima trofi juara kesatu stan ekraf dari Koordinator Konten dan Sarana Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Elizabeth Hutagaol. Fot: R. Widiyartono

Acara pembukaan juga diwarnai dengan pentas kesenian dari SMK Negeri 3 Banyumas (dulu SMKI), juga pentas tari lengger, dan penampilan lainnya.

Sedangkan sore hari, dalam rangkaian ini juga dilaksanakan pergelaran 10.000 penari lengger di GOR Satria Purwokerto. Gelaran ini untuk sekaligus menunjukkan Banyumas sebagai Kabupaten Kreatif Bidang pertunjukan.

Peserta dari luar kota juga diajak menonton pertunjukan di Gedung Kesenian R. Soetedja, untuk menonton penampilan sendratari Srikandi Mahawira, yang menampilkan penari dan pemusik Banyumas. Hadir dalam acara ini presenter televisi Andi F Noya.

Plt Asisten Ekonomi & Pembangunan Sekda Provinsi Jateng Dr. A. P. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko dalam sambutannya mengatakan, gelaran Semarak KaTa Kreatif menjadi wadah untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Jawa Tengah. Berbagai agenda acara digelar seperti gelar produk ekonomi kreatif, dialog ekonomi kreatif, coaching clinic, dan kegiatan menarik lainnya.

Sujarwanto berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pelaku ekonomi kreatif, sebagai sarana menyerap ilmu dan wawasan, maupun sebagai media promosi.

Dia mengatakan, Jawa Tengah telah memiliki 11 kabupaten/kota yang sudah ditetapkan sebagai KaTa Kreatif Nasional oleh Kemenparekraf, yakni Kabupaten Karanganyar, Wonosobo, Banjarnegara, Rembang, Kota Surakarta, Kota Salatiga, Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Kebumen, Batang dan Kabupaten Banyumas.

27 Stan Kabupaten Kota

Setelah pembukaan, Sujarwanto Dwiatmoko bersama Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, Plh Kepala Disporapar Jateng Syurya Deta Syafrie dan undangan lainnya meninjau stan ekonomi kreatif, yang diikuti 27 kabupaten/kota se-Jateng, dan stan lainnya seperti Bank Jateng, Dinas Ketahanan Pangan, dan sebagainya.