Tahu yang kaya nutisibagi kesehatan tubuh. Foto:freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tahu merupakan salah satu produk olahan kedelai sebagai bahan pangan bersifat fungsional yang mengandung protein, lemak, karbohidrat dan serat yang dibuat melalui proses penggumpulan protein sehingga berbentuk semi padat

Pada dasarnya tahu terbuat dari bahan endapan perasan biji kedelai yang telah mengalami koagulasi, kemudian diambil sari-sarinya. Langkah pertama dalam pembuatan tahu ialah menyiapkan peralatan dan bahan-bahannya. Kedelai yang sudah dipilih berdasarkan kualitasnya kemudian direndam ke dalam air hangat selama 6-12 jam.

Mengonsumsi makanan kaya akan protein, termasuk tahu, dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dengan demikian, manfaat tahu ini baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Dengan kandungan tersebut, olahan kacang kedelai ini memiliki aktivitas antioksidan, antikanker, antidiabetes, dan antiobesitas. Ini artinya, tahu dan tempe termasuk sumber makanan bergizi lengkap untuk diet penurunan berat badan.

Dari berbagai nutrisi yang disebutkan diatas, tahu paling dikenal sebagai sumber protein nabati yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan, makanan ini kerap menjadi sumber protein bagi para vegetarian karena konon bisa menggantikan nilai gizi daging. Nilai gizi tahu tidak hanya itu.

Dilansir dari Suara.com, berikut adalah enam manfaat kesehatan mengonsumsi tahu secara rutin.

1. Sumber Protein yang Berkualitas

Tahu merupakan sumber protein nabati berkualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Protein yang terkandung di dalam tahu juga membantu menjaga massa otot dan mengoptimalkan fungsi dan kerja organ tubuh.

2. Membantu Mengontrol Berat Badan

Kandungan protein dan serat dalam tahu juga dapat bisa membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan alias kenyang lebih lama. Hal ini tentu dapat menjadi alternatif menu untuk menjaga berat badan yang ideal.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Tahu mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Konsumsi tahu secara teratur dapat membantu mencegah risiko osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang.

4. Menyupport Fungsi Jantung

Lemak tak jenuh dalam tahu, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Tahu memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti makanan ini tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tajam setelah dikonsumsi. Ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil.

6. Zat Besi Tercukupi

Tahu mengandung zat besi non-heme, yang dapat membantu mencegah anemia atau kekurangan zat besi pada tubuh. Apalagi jika dikombinasikan dengan berbagai macam vitamin C yang terdapat pada sayuran dan buah, seperti sayuran hijau, jeruk, jambu merah. Jika ini dilakukan maka bisa meningkatkan penyerapan zat besi.

Konsumsi tahu sebagai bagian dari pola makan seimbang bisa memberikan manfaat kesehatan seperti yang dijelaskan oleh sumber tulisan Kenali Manfaat Tahu Bagi Kesehatan Tubuh dan Daftar Nutrisinya.

Claudia