Ahmad Hasan Auny. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tiga mahasiswa Universitas Semarang (USM), Ahmad Hasan Auny, Tasya Ivanka dan Firsto Joan, akan mewakili Jawa Tengah dalam Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2024.

Ahmad Hasan Auny berhasil meraih medali emas dalam cabang Fotografi Jurnalistik, pada Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida), yang diadakan di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Kamis (27/6/2024).

Adapun Tasya meraih Juara I untuk nomor Tangkai Pop Putri, sedangkan Firsto Juara I di nomor Tangkai Pop Putra, dalam Peksimida yang digelar di Auditorium Ir Widjatmoko USM, baru-baru ini.

BACA JUGA: Rizky Berhasil Pertahankan Tesis di Magister Hukum USM

Hasan yang juga Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi USM itu, tidak hanya memperkuat reputasi USM di bidang seni, tetapi juga membuktikan kompetensi tinggi para mahasiswa USM dalam kegiatan ilmiah dan seni.

”Saya bersyukur bisa memberikan yang terbaik bagi USM. Saya berharap, pada Peksiminas nanti bisa meraih prestasi maksimal, sehingga bisa mengharumkan nama USM di tingkat Nasional,” tuturnya.

Prestasi yang diraih Hasan itu mendapatkan apresiasi tinggi dari Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi, Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi USM, Prind Triajeng Pungkasanti MKom dan Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi USM Edi Nurwahyu Julianto MIKom.

BACA JUGA: FH USM Gelar Upacara Dies Natalis Ke-37

Tasya Ivanka dan Firsto Joan. Foto: dok/usm

Menurut Junaidi, kemenangan Hasan menegaskan komitmen USM dalam mengembangkan bakat dan potensi mahasiswa. Ini adalah langkah awal baginya, untuk berkompetisi dan meraih lebih banyak lagi prestasi di Peksiminas.

Dalam kompetisi yang diikuti 51 delegasi dari berbagai perguruan tinggi itu, karya Hasan dinilai oleh tiga juri, sebagai yang terbaik. ”Kami yakin, ini akan menjadi titik tolak bagi Hasan dan USM, untuk lebih berkontribusi pada seni dan pengembangan akademis di Indonesia,” imbuhnya.

Adapun Noufal Ahnaf, rekan Hasan di USM, hanya meraih medali perunggu dalam kategori Fotografi Seni. Dekan FTIK USM, Prind Triajeng Pungkasanti MKom menegaskan, pihaknya bangga atas prestasi yang diraih para mahasiswanya itu.

BACA JUGA: Arnaz Jalani ‘Fit and Proper Test’ di PDI Perjuangan, Sampaikan Program dan Strategi Memimpin Kota

”Kami akan terus mendukung mahasiswa untuk mengembangkan potensi dirinya, hingga meraih prestasi yang membanggakan,” ujarnya.

Sementara itu, Sudarmono, pendamping tim dari USM mengungkapkan kebanggaannya, atas prestasi yang diraih Ahmad Hasan Auny. ”Kemenangan Hasan di tengah persaingan dengan 51 peserta lain, sungguh membuktikan dia adalah yang terbaik,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, karya Hasan berhasil memikat hati ketiga dewan juri, yang akhirnya memberikan nilai tertinggi untuk karya fotografi jurnalistiknya.

”Prestasi ini tidak hanya menandai keberhasilan personal Hasan, tetapi juga menegaskan posisi USM, sebagai institusi yang mampu menghasilkan talenta berkaliber tinggi di arena seni dan akademis di tingkat Nasional,” tandasnya.

Riyan