Sekda Jateng, Sumarno, dan Deputi Kakanwil BI Jateng, Ndari Surjaningsih, memberikan keterangan pers usai pembukaan Forum PUSAKA Jateng 2024 di Hotel Gumaya, Selasa 2 Juli 2024. foto : hp

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (Kanwil BI Jateng) menggelar Road to Forum Perumusan Analisis dan Rekomendasi Kebijakan Jawa Tengah (PUSAKA Jateng) 2024.

Bertempat di Hotel Gumaya Semarang, Selasa 2 Juli 2024, acara ini mengangkat tema “Mewujudkan Jawa Tengah sebagai Penumpu Pangan dan Industri Nasional yang Maju, Sejahtera, Berbudaya, dan Berkelanjutan”.

Forum PUSAKA yang diselenggarakan untuk ketiga kali, merupakan ajang kolaborasi pemerintah, pelaku usaha, akademisi, dan berbagai stakeholders untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, serta merumuskan rekomendasi solusi yang aplikatif melalui diskusi panel dan kompetisi karya tulis ilmiah.

Gelaran kegiatan Road to Forum PUSAKA Jateng menjadi pembuka seluruh rangkaian Forum Pusaka Jateng 2024, yang terdiri dari penyampaian proposal Call for Paper, Workshop Finalis Proposal Call for Paper, serta acara Puncak Forum PUSAKA Jateng 2024 pada bulan November 2024.

Acara Road to Forum PUSAKA Jateng diresmikan secara bersama-sama oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Ndari Surjaningsih, dan Ketua Bidang Kerja Sama dan Pendanaan ISEI Semarang Koordinator Jawa Tengah, Prof. Kesi Wijayanti.

“Forum PUSAKA Jateng merupakan forum diskusi yang membahas tentang perkembangan perekonomian terkini, dampak isu strategis terhadap perekonomian Jawa Tengah, serta perumusan rekomendasi kebijakan untuk mengatasi berbagai isu strategis,” kata Ndari.

Dirinya menjelaskan, forum tersebut diharapkan diikuti oleh berbagai pengamat dan praktisi ekonomi, akademisi, dan stakeholders terkait lain sehingga rekomendasi yang dihasilkan dapat lebih komprehensif dan aplikatif.

Sementara itu, Sekda Sumarno dalam keynote speechnya menyampaikan, dalam mewujudkan visi pembangunan Jawa Tengah 2025-2045, diperlukan masukan dari banyak pihak agar kedua sektor, yang sepertinya saling bertentangan tersebut, dapat tumbuh bersama dan beriringan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah.

“Dengan adanya Kegiatan Forum PUSAKA Jateng ini diharapkan dapat memberikan masukan dan rekomendasi bagi Pemerintah Daerah,” kata Sumarno.

Sejalan dengan hal tersebut, sebagai rangkaian dari road to Forum PUSAKA Jateng, dilaksanakan seminar dengan mengusung tema “Harmonisasi Sektor Industri Pengolahan dan Pertanian untuk Pertumbuhan Jawa Tengah Berkelanjutan”.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Ketua Bidang Kerja Sama dan Pendanaan ISEI Semarang Koordinator Jawa Tengah, Prof. Kesi Widjajanti, Ekonom Ahli Kantor Perwakilan BI Jateng, Oki Hermawan, Perencana Ahli Madya Bappeda, Dr. Erna Widijastuti, dan Koordinator Agro Jateng – DIY PT Indofood CBP Sukses Makmur, Ahmad Rizqan, serta dipandu oleh Business Journalist, Clara Antawidjaja.

“Melalui pelaksanaan rangkaian kegiatan Forum PUSAKA 2024, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam memperkuat pondasi ekonomi Jateng sebagai Penumpu Pangan dan Industri Nasional yang Maju, Sejahtera, Berbudaya, dan Berkelanjutan,” kata Plh Kakanwil BI Jateng, Nita Rachmenia usai acara.

HP