SLAWI (SUARABARU.ID) – Ketua DPRD Kabupaten Tegal Mohammad Faiq, SPi, menghadiri acara Forum Konsultasi Publik tentang Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tegal Tahun 2023 yang digelar di Gedung Dadali Kabupaten Tegal, Senin (24/1/2022).

Acara yang dimulai pukul 09.30 WIB dihadiri Bupati Tegal Dra Umi Azizah, pula Sekertaris Daerah dan Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tegal. Dalam acara tersebut, Faiq ditunjuk untuk memberikan sambutan dan masukan terkait rancangan awal penyusunan RKPD Tahun 2023 sesuai dengan visi misi RPJMD 2019-2024 yaitu mewujudkan pemerintah yang bersih, terbuka, akuntabel dan efektif melayani rakyat.

Faiq menyampaikan bahwa dengan adanya Forum Konsultasi Publik ini, hasil dari musrenbang harus selaras dengan arah kebijakan prioritas dalam RPJMD 2019-2024. “Saya berharap kepada seluruh pemangku kepentingan agar berkontribusi positif sesuai dengan kewenangan, tupoksi dan perannya. Marilah kita dukung Pemerintah Kabupaten Tegal dalam upaya mewujudkan masyarakat Tegal yang sejahtera,” ucapnya.

Menurut Faiq, pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan.

“Ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Yakni sebagai pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS).” tutupnya.

Nino Moebi