blank
Rektor IAINU Kebumen Fikria Najitama memegang Nota Kesepahaman bersams Rektor UNISNU Jepara Sa'dullah Assa'idi, di kampus UNISNU Kamis 20/1.(Foto:SB/Ist)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Program Pascasarjana Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen senantiasa melakukan kemitraan dan kolaborasi guna menyongsong kemajuan akademik.

Pada Kamis (20/1) Rektor IAINU Kebumen Fikria Najitama MSI menandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU dengan Rektor Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara  Dr H Sa’dullah Assa’idi MAg, di Kampus UNISNU Jl Taman Siswa, Pekeng, Tahunan, Kabupaten Jepara.

Acara ini juga dihadiri Direktur Program Pascasarjana IAINU Kebumen Sulis Rokhmawanto, pihak UNISNU Jepara, Ketua LPM IAINU Kebumen Umi Arifah, serta Ketua Hubungan Internasional UNISNU Jepara.

Dalam sambutannya Rektor UNISNU Jepara Sa’dullah Assa’idi menyebutkan bahwa kerja sama sangat penting antarlembaga perguruan tinggi. Hal ini untuk meningkatkan kualitas lembaga. Dengan cara ini, lembaga dapat maju dan berkembang.

Menurut Sa’dullah, lembaga pendidikan tinggi selalu membuka diri dan sadar diri yang akhirnya dengan berbagai kerja sama membentuk lembaga pendidikan yang bermutu. Maka sangat tepat bagi IAINU Kebumen membuka diri bersama sama kerjasama dengan UNISNU Jepara.

Diharapkan dari kerja sama tersebut dapat membuka inspirasi guna meningkatkan kapasita lembaga perguruan tinggi. Penguatan lembaga pendidikan tinggi juga ditopang dengan kerjasama eksternal lainnya.

“IAINU Kebumen silahkan untuk dapat selalu melakukan ekspansi ke seluruh elemen sehingga visi misi tujuan perguruan tinggi tercapai,”ujar Sa’dullah.

Dia ungkapkan, hal penting dalam meningkatkan kualitas lembaga adalah dengan meningkatkan nilai akredetasi. Akredetasi menjadi unsur penting dalam mewujudkan lembaga yang eksis. Praktik di lapangan lembaga memiliki tanggungjawab membangun hubungan dan memunculkan gagasan.

Penguatan Digital dan Penjaminan Mutu

Maka jangan sampai kaget, bahwa setiap hal kecil dalam lembaga pasti terbaca kekurangan dan kelebihannya. Dengan demikian kesadaran mutu dan analisa semakin terlihat. IAINU diharapkan dapat saling bekerja sama sehingga memperkuat diri.

Sementara itu Rektor IAINU Kebumen Fikria Najitama memberikan apresiasi atas masukan yang diberikan Rektor UNISNU Jepara maupun telah terjalinnya MoU tersebut.

Menurut Fikria, mempelajari sejarah proses kemajuan lembaga pendidikan tinggi sangatlah penting. Dari sejarah panjang ini maka memunculkan berkah tersendiri bagi lembaga pendidikan dan seluruh elemen masyarakat.

Dengan melihat dinamika yang ada, menunjukkan bahwa kondisi ini menjadi pekerjaan rumah tersendiri. Dari sini Rektor IAINU Kebumen melihat UNISNU Jepara bisa menjadi jalan keluar untuk menyelesaikan problem- problem yang ada terkait peningkatan kualitas lembaga pendidikan tinggi.

“Selain itu kami di IAINU Kebumen juga ingin belajar tentang penguatan digital. Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi kami untuk belajar lebih baik bersama UNISNU Jepara. Hal ini diharapkan menjadi gambaran abstrak dalam mewujudkan visi misi virtual cakap bersahaja,”tandas Fikria.

Rektor IAINU Kebumen itu mengakui, Penjaminan Mutu juga menjadi pekerjaan tersendiri bagi pihaknya. Dengan demikian kiranya sangat pas bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kapasitas lembaga pendidikan dengan membangun kemitraan dan jaringan.

Komper Wardopo