delta sungai progo
Dengan menggunakan perahu karet,tim gabungan Basarnas Unit Borobudur, Damkar Kabupaten Magelang dan relawan lainnya berhasil menyelamatkan Juni yang sempat terjebak selama 3 jam di Delta Sungai Progo. Foto: Yon

MAGELANG, (SUARABARU.ID)- Seorang pencari rumput  terjebak di Delta Sungai Progo yang  masuk wilayah RT4 RW 12, Perumahan Puri Tuksongo, Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, selama hampir 3 jam pada  Senin ( 10/1/2022) petang.

“ Yang terjebak di Delta Sungai Progo tersebut bernama Juni ( 50) warga Dusun Gathukan, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang,”kata Riyan Aris Pramana dari unit siaga Basarnas Borobudur.

Riyan Aris Pramana mengatakan, pihaknya setelah menerima informasi adanya orang terjebak di delta Sungai Progo sekitar pukul 17.00 WIB dan  langsung menuju lokasi.

Sesampainya di lokasi kejadian, bersama dengan anggota Damkar, PMI dan relawan lainnya melakukan evakuasi.

delta Sungai Progo
Juni, warga warga Dusun Gathukan, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang yang berhasil diselamatkan tim gabungan Basarnas Borobudur, Damkar Kabupaten Magelang dan relawan lainnya. Foto: Yon

Ia menambahkan, korban  berhasil dievakuasi dengan selamat sekitar pukul 19.00 WIB, setelah sejumlah anggota Basarnas Borobudur dan relawan lainnya dengan menggunakan perahu karet menyelamatkan korban.

“Penyelamatan terhadap korban dilakukan dengan menggunakan perahu karet, karena arus sungai agak deras,”katanya.

Saksi mata,Mulyadi, warga Perumahan Tuksongo,Kelurahan Cacaban mengatakan, saat kejadian cuaca dalam keadaan gerimis. Namun, arus Sungai Progo tersebut sangat deras. Derasnya aliran Sungai Progo tersebut diduga di hulu sungai, yakni di wilayah Kabupaten Temanggung  terjadi hujan yang cukup deras.

“Arus sungai nampak deras, meskipun di lokasi kejadian  tidak terjadi hujan. Diduga, arus deras karena di hulu sungai di wilayah Temanggung terjadi hujan deras,”katanya.

Ia  menambahkan, peristiwa tersebut terjadi  sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu, dirinya sedang keliling perumahan dan mendengar suara minta tolong dari tengah delta sungai.

Menurutnya, setelah mendengar ada orang minta pertolongan, dirinya langsung menghubungi petugas relawan, dan laporan tersebut diteruskan ke tim Pemadam Kebakaran dan Basarnas Unit Borobudur.

Sementara itu, Juni mengaku saat dirinya masuk ke delta untuk mencari rumput  arus sungai Progo  tidak begitu deras. Namun, beberapa saat setelah ia hendak kembali ke komplek Perumahan Puri Tuksongo, tiba-tiba air sungai  mengalir dengan derasnya.

“Saat saya masuk ke sini ( delta sungai,red) belum banjir. Yakni, sekitar pukul 16.00 WIB dan beberapa saat kemudian sungainya banjir,”ujarnya.

Juni mengaku, dirinya sangat sering mencari rumput di delta sungai, namun baru kali ini ia terjebak banjir.

Setelah berhasil dievakuasi, Juni diantar tim relawan menuju rumahnya di Dusun Gathukan, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Yon