Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati meninjau Gerbang Samudra Raksa. Foto: Ant

KULON PROGO (SUARABARU.ID)  – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan melelang pengelolaan Gerbang Samudra Raksa Klangon yang di perbatasan Kalibawang-Magelang, Jawa Tengah, pada awal tahun ini.

Gerbang Samudra Raksa diproyeksikan sebagai tempat istirahat wisatawan dari Bandara Internasional Yogyakarta ke Borobudur di Jawa Tengah atau sebaliknya. Harapanya, mampu mendongkrak ekonomi masyarakat di kedua wilayah perbatasan tersebut dan mampu mendongkrak wisata di wilayah ini.

Kami sudah menyiapkan dokumen pelelangan pengelolaan Gerbang Samudra Raksa ke Layanan Pengadaan Barang dan Jasa. Semoga sebelum pertengahan Januari sudah masuk lelang,” kata Kabag Pembangunan Setda Kulon Progo Zahram Asurawan di Kulon Progo, Kamis.

Ia mengatakan Pemkab Kulon Progo juga telah membentuk Tim Pengelola Gerbang Samudra Raksa yang terdiri banyak unsur. Sehingga keberadaan Gerbang Samudra Raksa dapat dimanfaatkan dengan baik dalam rangka membangkitkan ekonomi masyarakat wilayah utara.

“Tim Pengelola Gerbang Samudra Raksa dikuatkan dengan surat keputusan bupati. Saat ini sedang dalam proses penerbitan surat keputusan bupati,” katanya.