blank
Hendi menunggui salah satu siswa yang akan divaksin di kampus Merah Putih SMA Nasima, Jalan Yos Sudarso 17, Arteri Utara, Semarang, Rabu (29/12/2021). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pemerintah Kota Semarang saat ini terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, dengan target yang ingin dicapai sebanyak 149.339 anak.

Alhamdulillah, sampai hari ini sudah 43 persen, atau sekitar 64.277 anak. Insya Allah 10 Januari 2022, sudah selesai semuanya,” kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, ketika meninjau Vaksinasi Anak di Kampus Merah Putih SMA Nasima, Jalan Yos Sudarso 17, Arteri Utara, Semarang, Rabu (29/12/2021).

Saat meninjau vaksinasi, Wali Kota didampingi Kepala Dinas Kesehatan Abdul Hakam, Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nasima, KH Hanief Ismail Lc, Ketua Pengurus Dr Indarti MPd, Ketua Dewan Pengawas Ragil Wiratno dan para orang tua wali murid yang mengantarkan anak-anaknya.

BACA JUGA: Permadani Cabang Mijen Kota Semarang Gelar Nobar Piala AFF 2021

Hendi, sapaan akrab wali kota pun memotivasi anak-anak, supaya jangan takut divaksin. ”Tidak sakit kok, hanya senit senit seperti digigit semut,” kata Doktor alumnus FISIP Undip itu. Bahkan untuk menghibur anak-anak, wali kota memberikan hadiah kepada anak yang sudah divaksin, seperti buku, pulpen, bola dan suvenir lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Abdul Hakam menjelaskan, jumlah sekolah dari mulai tingkat TK dan SD di Kota Semarang ada 469 buah. Sedangkan jumlah muridnya 159.920 anak.

”Untuk pelaksanaan vaksin secara keseluruhan V1 sebanyak 1.525.512 atau 116,59 persen. Sedang V2 sebanyak 1.298.595 atau 99,59 persen. Mudah-mudahan semuanya selesai, dan covid-19 segera berakhir,” kata Hakam, yang merupakan alumni Pondok Pesantren Futuhiyyah, Suburan, Mranggen, Kabupaten Demak itu.

BACA JUGA: FISIP Unwahas Gelar Lokakarya Perumusan Visi Misi 2022

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Dr Indarti MPd menambahkan, vaksinasi covid-19 merupakan salah satu upaya tepat, guna mengatasi pandemi covid-19.

”Vaksinasi khusus anak usia 6-11 tahun, mempercepat pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), dan segera memangkas segala kekurangan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),” terang dia.

Dalam pelaksanaan sentra vaksinasi di Nasima, sebanyak 696 peserta didik usia 6-11 tahun mengikuti vaksinasi. Kegiatan itu dilaksanakan mulai pukul 07.30-13.00 WIB​, yang terdiri dari murid TK 21 anak, SD (656) dan SMP (19).

BACA JUGA: Jangan Sampai Kecolongan Kasus Covid-19 di Malam Tahun Baru

”Dalam kegiatan itu, YPI Nasima bekerja sama dengan Puskesmas Karangayu dan Korsatpend Semarang Barat,” tutur Indarti.

Pihak sekolah mendapat pendampingan sebanyak 10 orang tenaga kesehatan dan seorang dokter dari puskesmas Karangayu. Untuk menghibur anak-anak, beberapa orang guru memakai atribut wayang Gatotkaca, Anoman, Arjuna, Srikandi dan Werkudara.

Ketua Dewan Pembina YPI Nasima, KH Hanief Ismail Lc juga menyampaikan penghargaan kepada Wali Kota Semarang dan Kepala Dinas Kesehatan, yang dengan ikhtiar sungguh-sungguh menyelesaikan vaksin untuk mencegah covid-19.

”Ikhtiarnya lahir batin, agar seluruh warga selamat dari bahaya virus yang mematikan ini,” tukas Kiai Hanief.

Riyan