blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Forkompinda memeriksa pasukan sewaktu memimpin Apel Gelar Operasi Lilin Candi 2021 di halaman Mapolres.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Polres Kebumen secara resmi menggelar Operasi Lilin Candi 2021 Kamis (23/12). Gelar Operasi ditandai pemasangan pita tanda operasi.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 di halaman Mapolres Kebumen, serta memeriksa pasukan didampingi Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama dan segenap Forkompinda.

Dalam sambutannya Bupati Arif Sugiyanto mengungkapkan, Operasi Lilin digelar mulai 24 Desember 2021 – 2 Januari 2022.

“Pelaksanaan pengamanan Natal; dan Tahn Baru (Nataru) ini tentun tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah, melalui Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,”jelas Arif Sugiyanto.

blank
Kapolres AKB Piter Yanottama memasang pita tanda dimulainya Operasi Lilin Candi 2021 kepada personel Satpol PP di halaman Mapolres.(Foto:SB/Ist)

Adapun tema Operasi Lilin 2022 yakni “Melalui Apel Gelar  Pasukan Operasi Lilin-2021, kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022″.

Perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru telah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersuka cita bersama dengan keluarga serta merayakan pergantian tahun di berbagai lokasi.

Hal ini tentu akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas.

Fokus Pengendalian  Covid-19

Selanjutnya Kapolres AKBP Piter Yanottama mengungkapkan selain fokus pada pengamanan libur Natal dan tahun baru, Polres Kebumen juga masih fokus melakukan pengendalian Covid 19.

“Dalam pengamanan ini yang paling utama adalah mencegah transmisi penyebaran COVID-19. Meski di Kebumen Covid-19 masih sangat terkendali, namun masyarakat tidak euforia,” jelas  Kapolres.

Perkembangan masuknya varian Omicron di Indonesia turut menjadi kewaspadaan di tengah Operasi Lilin Candi. Yang harus dilakukan adalah bersama-sama berupaya agar varian Omicron tidak meluas di Tanah Air.

Untuk menyukseskan Operasi Lilin, Polres Kebumen menyiapkan beberapa selama operasi. Diantaranya pos pelayanan terpadu, pos pantau arus lalu lintas, pos pengamanan gereja, pos pengamanan objek wisata, dan pos pengamanan pusat perbelanjaan.

Selanjutnya Polres Kebumen menerjunkan 454 personel dengan didukung oleh instansi samping selama pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2021.

Komper Wardopo