Seorang warga mengikuti vaksinasi COVID-19 di salah satu layanan vaksinasi di Temanggung, Jawa Tengah. Foto: Ant
TEMANGGUNG (SUARABARU.ID) –┬áPemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, optimistis pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis I pada akhir tahun 2021 bisa mencapai 75 persen dari sasaran 624.346 jiwa.

“Target kami 75 persen untuk vaksinasi dosis I Insyaallah bisa tercapai pada akhir tahun ini, bahkan kami berharap bisa lebih dari 75 persen,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Dwi Sukarmei di Temanggung, Sabtu.

Ia menyebutkan saat ini capaian vaksinasi tahap I di Kabupaten Temanggung telah mencapai 73.81 persen dan dosis II mencapai 58,1 persen.Kemudian cakupan vaksinasi lansia sebanyak 61,63 persen dari sasaran 84.783 orang.

Ia menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya berkat kesadaran masyarakat sehingga capaian vaksinasi di Kabupaten Temanggung bisa melebihi capaian target yang dibebankan pemerintah pada akhir tahun 2021 minimal 70 persen.

Kami terus intensifkan vaksinasi untuk meningkatkan capaian vaksinasi,” katanya.

Sementara itu Bupati Temanggung M. Al Khadziq di tempat terpisah menuturkan PPKM Kabupaten Temanggung sekarang di level I, tetapi mengingat arahan Presiden beberapa hari lalu bahwa varian omicron sudah masuk Indonesia sehingga masyarakat harus lebih hati-hati.

“Terkait libur Natal dan Tahun Baru 2022 saya harap masyarakat tetap hati-hati dengan mengedepankan protokol kesehatan dan tidak bepergian bila mana tidak terlalu penting,” katanya.

Ia menuturkan guna mengantisipasi varian omicron yang sudah masuk Indonesia, nanti tergantung perkembangan situasinya, tetapi yang jelas Satgas COVID-19 akan disiapkan lagi dan semua vasilitas kesehatan juga disiapkan.
Ant