blank
Bupati Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan Forkompinda serta para pejabat pada peresmian empata jembatan baru yang dipusatkan di Jembatan Merah Putih Desa Kaligending, Karangsambung.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meresmikan pembangunan empat jembatan baru, pada Jumat (3/12). Tiga jembatan baru itu berada di wilayah Kebumen utara.

Acara sekaligus Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum Ke-76 Tahun 2021 yang dipusatkan di Jembatan Merah Putih, Desa Kaligending, Kecamatan Karangsambung sebagai penghubung empat kecamatan. Yaitu Karanggayam – Karangsambung, Pejagoan, Alian dan dua desa yaitu Desa Kaligending-Karangrejo.

Peresmian dihadiri jajaran Forkompinda, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan tokoh masyarakat. Sekaligus diadakan pemotongan tumpeng  dan syukuran bersama oleh warga Desa Karangrejo, Kecamatan Karanggayam.

blank
Bupati Arif Sugiyanto memberi sambutan pada peremisan empat jembata dan Hari Bhakti PU ke-76.(Foto:SB/Ist)

Bupati Arif Sugiyanto menyampaikan rasa bangga di akhir tahun ini pihaknya bisa merampungkan pekerjaan pembangunan jembatan di wilayah Kebumen utara. Ini merupakan komitmen pemerintah untuk bisa mengentaskan kemiskinan di Kebumen Utara dengan terus menggenjot pembangunan infrastruktur.

“Pembangunan jembatan ini  komitmen kami untuk bisa mengentaskan kemiskinan di utara dengan perbaikan infrastruktur baik jalan maupun jembatan. Masyarakat kini bisa lebih mudah melakukan aktivitas ekonomi dengan hadirinya jembatan baru ini,”ujar Arif Sugiyanto  disambut tepuk tangan warga.

Serahkan 40.000 Sertifikat kepada Pekerja

Adapun empat jembatan yang diresmikan Bupati yakni Jembatan Merah Putih di Desa Kaligending-Karangrejo, Kecamatan Karangsambung-Karangayam. Kemudian Jembatan Sawangan di Desa Glontor Karanggayam, Jembatan Kesabaran di Desa Kalibening, Kecamatan Karangayam. Satu lagi Jembatan Kali Trenggulun di Desa Purwodadi, Kecamatan Kuwarasan.

“Saya minta jembatan ini dirawat dan dijaga dengan baik. Jangan kemudian masyarakat menggali pasir di area jembatan. Ini jelas akan merusak jembatan sehingga cepat rapuh,”pinta dia.

Dengan adanya jembatan Merah Putih dan jembatan lain telah membuka warga Karanggayam yang terisolasi untuk bepergian ke kota Kebumen.”Kalau dulu ke Kebumen harus muter 26 Km, sekarang dengan adanya jembatan ini warga Karanggayam mau ke Kota Kebumen lebih cepat, jaraknya 12 Km, sampai,”jelas Arif Sugiyanto.

Tak lupa dalam rangka Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum Ke-76 Tahun 2021, Bupati menyerahkan 40 ribu sertifikat kepada para pekerja yang dilakukan secara simbolik. Termasuk memberikan bantuan 26 mesin traktor untuk para Gapoktan/Poktan.

Bupati juga meresmikan gedung bekas Kecamatan Karangsambung sebagai Pusat Informasi Wisata. Wilayah Kebumen memang memiliki banyak potensi wisata. Baik taman bumi atau Geopark, wisata pebrukit, perkebunan, atau agrowisata, embung, waduk dan  curug atau air terjun.

 

“Tadi kita juga mengecek di dekat Bendungan Kaligending ini ternyata ada sumber air hangat yang keluar dari perut bumi. Ini sama seperti di Krakal. Nah ke depan ini bisa dikembangkan jadi wisata baru.  Buat kolam renang hangat. Ini kan belum ada,”tandas Bupati.

Komper Wardopo