SEMARANG – Bina Bahasa Jaya (BBJ) Universitas Semarang (USM) bekerjasama dengan United Planet, USA menggelar webinar “Language and Cultural Exchange” belum lama ini. Kegiatan yang diselenggarakan selama satu bulan lebih secara daring ini diikuti sebanyak 20 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Semarang dari berbagai program studi.

United Planet merupakan sebuah organisasi internasional non-profit yang berlokasi di Boston, USA. Organisasi ini menawarkan berbagai macam program untuk membangun komunitas secara global diantaranya melalui program pengiriman volunteer ke luar negeri untuk meningkatkan, dan saling tukar menukar kebudayaan, kebahasaan serta pengalaman dan pengetahuan.

Bina Bahasa Jaya (BBJ) yang bekerjasama dengan United Planet USA dijembatani oleh Dejavato Foundation menyelenggarakan kegiatan webinar pertamanya melalui pengiriman volunteer dari United Planet bernama Brasen Chi sebagai narasumber di acara “Webinar on Language and Cultural Exchange Program” di BBJ.

Program Kegiatan Virtual Volunteer Internship dilaksanakan karena pandemi Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia sehingga dibutuhkan inisiasi pelaksanaan program secara virtual guna menghindari kontak fisik secara langsung.

Program ini diselenggarakan dengan tujuan diantaranya untuk memberikan pengalaman bagi relawan asing untuk berbagi ilmu dan budaya dengan masyarakat Indonesia.

Memberikan pengalaman kepada mahasiswa Indonesia untuk berlatih percakapan dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dan berinteraksi langsung dengan relawan asing.

Menghubungkan atau membuat koneksi antara instansi lokal (Indonesia) dengan mitra asing untuk dapat menjalin kerjasama, pertukaran bahasa dan budaya, memaksimalkan teknologi online yang ada untuk melakukan kegiatan virtual volunteering.

Dan mengkampanyekan kegiatan kerelawanan kepada seluruh elemen masyarakat.

Menurut Kepala Bina Bahasa Jaya (BBJ) Dini Anggraheni mengatakan bahwa belajar bahasa tidak lepas dari belajar budaya dari negara tersebut, keduanya saling mendukung dan berkaitan.

“Tentunya dengan datangnya volunteer ke Bina Bahasa Jaya melalui pelaksanaan kegiatan webinar ini dapat memberikan manfaat yang sangat positif bagi mahasiswa peserta webinar dalam belajar bahasa dan budaya serta saling tukar menukar pengalaman, pengetahuan dan informasi dengan berinteraksi secara langsung melalui video conference” ungkap Dini.

Saiful Hadi – USM