Lewis Hamilton/dok

(SUARABARU.ID) – Lewis Hamilton menjadi pemenang balapan Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Qatar setelah tak terbendung sejak start hingga finis dalam lomba berdurasi 57 lap di Sirkuit Losail, Minggu (21/11/2021).

Bagi pembalap Mercedes itu, ini merupakan kemenangan ketujuhnya pada musim 2021.

Kini, Hamilton memangkas gap dengan Max Verstappen (Red Bull Racing), yang finis kedua di Losail, menjadi hanya delapan poin.

F1 musim ini tinggal menyisakan GP Arab Saudi (6/12/2021), dan GP Abu Dhabi (12/6/2021).

‘’Terima kasih untuk kerja keras tim. Kemenangan beruntun ini sangat baik untuk persaingan dengan Verstappen,’’ ujar Hamilton, kampiun F1 tujuh kali.

Peringkat ketiga GP Qatar di luar dugaan direbut Fernando Alonso (Alpine).

Buat juara dunia 2005 dan 2006 itu, ini podium pertamanya sejak terakhir finis kedua di GP Hongaria pada 27 Juli 2014.

Sementara itu, Verstappen menyatakan dirinya akan mampu bertarung meraih titel juara dunia F1 jika memiliki mobil yang kuat sejak musim debutnya dalam balap jet darat pada 2015.

‘’Itu semua tergantung pada mobil. Jika kendaraan saya sudah bagus, maka saya bisa saja bertarung memperebutkan gelar juara dunia sebagai rookie. Saya tidak ragu tentang itu,’’ ungkap Verstappen.

‘’Pengalaman memang membuat saya menjadi pembalap yang lebih baik dan fleksibel. Namun, dengan mobil tercepat di trek, saya akan mampu berjuang meraih gelar bahkan sejak tahun pertama saya. Semua tergantung teknologi di belakang Anda,’’ jelasnya.

rr