Forkopimda Blora foto bersama Wadir Samapta Polda Jateng di depan Balaidesa Tawangrejo Kecamatan Tunjungan. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Blora melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) langsung dan Pilkades Pengganti Antar Waktu (PAW) di sejumlah desa, Minggu (21/11/2021).

Untuk memastikan tahapan Pilkades berjalan aman dan sehat sesuai protokol kesehatan, Bupati pun turun langsung ke lapangan untuk memantau bersama Forkopimda Blora.

Lokasi pertama yang dipantau langsung Bupati H. Arief Rohman, S.I.P., M.Si dan Forkopimda adalah Pilkades Desa Dringo, Kecamatan Todanan. Di sini, Bupati melihat langsung proses pemungutan suara dan memantau kepatuhan protokol kesehatan.

Di Desa Dringo ini, Bupati juga melakukan video conference melalui aplikasi zoom meeting dengan Dirjen Bina Pemerintahan Desa yang melakukan pemantauan Pilkades di beberapa Kabupaten serentak di hari yang sama.

Pilkades di Desa Dringo diikuti oleh dua calon Kepala Desa, yakni nomor urut 1 Sulistiyono, dan nomor urut 2 Siti Sya’faah, dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.737 suara dan terbagi menjadi empat lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Usai dari Dringo Todanan, Bupati dan Forkopimda bergeser meninjau Musyawarah Desa dengan agenda Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pengganti Antar Waktu (PAW) di Desa Tawangrejo, Kecamatan Tunjungan.

Bedanya, di sini pemilihan Kades PAW hanya diikuti oleh 63 pemilih atau pemilik suara yang merupakan perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Ketua RT, RW dari seluruh wilayah dukuh/dusun.

Pemimpin Desa yang Amanah

Di Tawangrejo, Bupati bersama Kapolres, Kajari, dan perwakilan Dandim, beserta Camat Tunjungan dan OPD terkait melihat langsung proses penghitungan perolehan suara yang dilakukan oleh panitia desa.

Ada tiga calon yang memperebutkan 63 suara pemilih. Dengan hasil nomor urut 1 Sujito mendapatkan 1 suara, nomor urut 2 Parjana mendapat 39 suara, dan nomor urut 3 Puji Wiyanto mendapatkan 23 suara.

“Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades langsung di Desa Dringo, dan Pilkades PAW di Desa Tawangrejo yang kita pantau ke lokasi berjalan aman dan lancar, sesuai protokol kesehatan. Kami berterimakasih kepada jajaran TNI, Polri yang telah ikut melakukan pengamanan tahapan Pilkades ini,” ungkap Bupati.

Bupati berharap dari proses Pilkades ini bisa menghasilkan para Kepala Desa yang amanah dan bisa menjalankan pemerintahan dengan baik guna mewujudkan pembangunan desa yang maju.

“Semoga para Kades terpilih bisa menjadi Kades yang amanah, berintergritas dan siap untuk bersama-sama Sesarengan mBangun Blora. Saya titip pembangunan infrastruktur desa ikut diutamakan,” ujar Bupati.

Tidak hanya Bupati, Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST. MM., di hari yang sama juga melaksanakan tinjauan pelaksanaan Pilkades di Desa Biting, Kecamatan Sambong, dan di Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs. Suryanto, M.Si, menyebutkan bahwa bulan ini ada 8 desa yang melaksanakan Pilkades.

Dari delapan desa ini, dua desa melaksanakan Pilkades langsung dipilih masyarakat yakni Desa Dringo Kecamatan Todanan, dan Desa Biting Kecamatan Sambong.

Sedangkan enam desa lainnya melakukan Pilkades PAW, yakni Desa Tawangrejo Kecamatan Tunjungan, Desa Plumbon Kecamatan Ngawen, Desa Pulo Kecamatan Kedungtuban, Desa Jatiklampok Kecamatan Banjarejo, Desa Wotbakah Kecamatan Japah, dan Desa Pelem Kecamatan Jati.

“Rencananya hasil Pilkades, para Kades terpilih akan dilantik Bapak Bupati di Bulan Desember mendatang, dalam rangkaian Hari Jadi ke 272 Kabupaten Blora,” kata Suryanto.

BKO Brimob Polda Jateng

Pada kesempatan yang sama, Kapolres AKBP Wiraga Dimas Tama, S.I.K, menyampaikan untuk pengamanan tahapan Pilkades ini Kepolisian Resor (Polres) Blora mendapatkan BKO pasukan Brimob Polda Jateng sebanyak 31 personel.

Lanjutnya, Kapolres ingin memastikan seluruh pelaksanaan Pilkades berjalan aman tanpa gangguan. Dalam kegiatan Pilkades tersebut, petugas gabungan dari Polres, Kodim, Satpol PP, Linmas serta pasukan BKO dari Brimob Polda Jawa Tengah melakukan pengamanan dengan ketat.

“Kita tidak mau underestimate. Petugas gabungan melakukan penjagaan, bahkan kita siagakan pasukan BKO dari Brimob Polda Jateng di lokasi balai desa Dringo,” kata Kapolres Blora. Minggu, (21/11/2021).

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK menyampaikan bahwa meski situasi relatif aman dan kondusif, namun petugas gabungan tetap siap siaga melakukan pengawalan dan penjagaan jalannya Pilkades.

“Alhamdulilah sampai, saat ini kegiatan berjalan aman dan kondusif. Belum ada laporan kejadian yang menonjol. Dan tentunya kita harapkan seluruh rangkaian Pilkades berjalan aman dan lancar,” tandas Kapolres Blora.

Kudnadi