blank
TANDA TANGAN - Bupati Tegal Umi Azizah tengah membubuhkan tanda tangan tanda dimulainya Sosialisasi dan Penandatangan Komitmen Gerakan Smart City. (foto: dok/ist)

SLAWI (SUARABARU.ID) – Pemkab Tegal melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melakasanakan Sosialisasi dan Penandatangan Komitmen Gerakan Smart City yang dilaksanakan di Gedung Dadalai kaabupaten Tegal, Selasa 15/11/2021) lalu dan dilanjutkan dengan Penandatangan Komitmen Gerakan Smart City.

Narasumber Kegiatan Sosialisasi Gerakan Smart City menghadirkan Kepala Badan Litbang SDM dari Kementerian Kominfo Republik Indonesia (secara Vidcon) dan TIM Peneliti BPSDMP Kominfo Yogyakarta serta dihadiri peserta sosialisasi dan Penandatanganan Komitmen Seluruh Kepala OPD dan perwakilan Camat

Kepala Diskominfo Kabupaten Tegal Bambang Kusnandar Aribawa menyampaikan, Kabupaten Tegal untuk melaksanakan Gerakan Menuju Smart City. Untuk menyukseskan kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Diskominfo terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi.

“Salah satu penguatan Smart City yang dilakukan Diskominfo adalah dengan membangun jaringan yang menghubungkan seluruh SKPD hingga kantor kecamatan, serta penyediaan ruang sever yang difungsikan sebagai tempat menyimpan server-server aplikasi yang telah dibangun pemerintah. Hal ini diharapkan dapat mempermudah proses integrasi seluruh aplikasi Pemerintah Kabupaten Tegal,” ujarnya.

Tujuan Sosialisasi dan Penandatanganan Komitmen Gerakan Smart City adalah untuk menciptakan integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antara perencanaan Pengembangan Smart City di Tingkat Pusat dan Daerah, serta mendorong proses Pengembangan Smart City yang efektif, efisien, inklusif, dan partisipatif. jelasnya.

Sementara sasaran sosialisasi dan penandatanganan komitmen gerakan smart city adalah tersusunnya dokumen masterplan implementasi smart city jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang Kabupaten Tegal.

Kegiatan ini dibuka Bupati Tegal Umi Azizah dan dihadiri Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie, Kepala Dinas Kominfo Bambang Kusnandar Aribawa Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo (Secara Vidcon), Tim Peneliti BPSDMP Kominfo Yogyakarta dan Semua Kepala OPD sekabupaten Tegal.

Bupati Tegal Umi Azizah, menyatakan, pada 2021 ini Kabupaten Tegal terpilih untuk mengikuti Gerakan Menuju Smart City oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Hal ini merupakan sebuah apresiasi sekaligus motivasi bagi Pemerintah Daerah untuk dapat mewujudkan Smart City di Kabupaten Tegal dengan kondisi dan keterbatasan yang ada.

Untuk mewujudkan Kabupaten Tegal Smart City (Kota Cerdas), yang harus dicukupi pertama kali adalah memfasilitasi kebutuhan akses Informasi dari dan untuk masyarakat,” tegasnya.

Konsep smart city adalah konsep Kota Cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga dapat mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

Nino Moebi