blank
Panglima TNI yang baru, Jenderal TNI Andika Perkasa, dilantik Presiden Joko Widodo, Rabu 17/11.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Jenderal  TNI Andika Perkasa, secara resmi Rabu (17/11) dilantik Presiden Joko Widodo sebaga Panglima TNI, menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Ada yang menarik di balik sosok Jenderal TNI kelahiran 2 Desember 1964 dan Mantan KSAD yang juga menantu Jenderal (Purn) AM Hendro Priyono. Sebab pak Andika Perkasa ternyata berbesanan dengan Jenderal TNI asal Kebumen, yakni Letjen TNI (Purn) M Setyo Sularso (62).

Salah satu anak lelaki Jenderal Andika Perkasa, bernama Alexander Akbar Wiratama. Pria yang berprofesi dokter dan ahli bedah itulah yang beberapa tahun lalu mempersunting Nissa Avina. Nissa ini tak lain putri Letjen Purn M Setyo Sularso.

blank
Letjen (Purn) TNI M Setyo Sularso, besan Jenderal Andika Perkasa, asal Puring, Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Bagi masyarakat Gombong dan Kebumen, pak Setyo Sularso bukan asing lagi. Maklumlah, purnawirawan jenderal TNI ini sebagai putra daerah asal Surorejan, Kecamatan Puring, Kebumen.

Pak Setyo Sularso juga tamatan SMAN Gombong yang melanjutkan ke AKABRI. Jabatan terakhir adalah Irjen TNI. Sebelumnya menjabat Pangdam Udayana Bali dan pernah menjadi Danrem 072/Pamunggkas Yoyyakarta.

Bahkan saat punya hajat menikahkan putrinya dengan putra Jenderal Andika Perkasa, pak Setyo Sularso juga menggelar resepsi cukup megah di Yogyakarta. Beberapa pejabat Kebumen dan tokoh masyarakat pun diundang.

Jadi Danrem, Kembangkan Wisata Pantai Suwuk

Saat menjadi Danrem 072/Pamungkuas, pak Setyo Sularso juga memiliki kepedulian pada daerah asalnya. Salah satu tangan dinginnya yakni mengembangkan wisata Pantai Suwuk, di Desa Tambakmulyo, Puring.

Beberapa kali kegiatan TNI juga dilakukan di Pantai Suwuk. Pernah menjadi pembicara seminar Kamtibmas saat Kapolres Kebumen dijabat AKBP Firli dan kebetulan penulis didapuk menjadi moderator.

blank
Marseka Muda TNI Kusworo, Asisten Personel Panglima TNI asal Desa Semamding, Gombong, Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Uniknya pula, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa kini juga memiliki Asisten Personel (Aspers) Marsekal Muda (Marsda) TNI Kusworo. Pak Kusworo tak lain Jenderal TNI AU asal Desa Semanding, Kecamatan Gombong, yang juga tamatan SMAN Gombong.

Marsda Kusworo dilantik oleh Panglima TNI sebelumnya, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Serah Terima Jabatan (Sertijab) Aspers Panglima TNI dari Marsdya TNI A Gustaf Brugman kepada Marsda TNI Kusworo digelar di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, pada Senin (8/11/2021).

Tokoh masyarakat di Kebumen yang juga dekat dengan Letjen (Purn) Setyo Sularso, Sugeng Budiawan, mengaku senang dan ikut bersyukur atas pelantikan Panglima TNI Jendral Andika Perkasa.

Sugeng pun juga hadir dan diundang saat resepsi pernikahan anak Setyo Sularso denga putra Jenderal Andika Perkasa di Yogyakarta.”Kita warga Kebumen ikut bangga dan senang. Semoga beliau Panglima TNI sukses mengemban tugas dan selalu ingat Kebumen,”harap Sugeng Budiawan.

Komper Wardopo