Seorang pelajar divaksin hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Ratusan warga Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Selasa (16/11/2021), mengikuti vaksinasi. Sementara petugas keamanan dari koramil, Polsek, petugas kecamatan, desa, memberi pengarahan agar masyarakat tak bingung dalam mengikuti vaksinasi.

Komandan Koramil 16/Srumbung, Kapten Inf Suparna, bersama Forkompincam Srumbung melaksanakan pendampingan vaksin di rumah joglo Dewi Suba Mranggen Village, Desa Mranggen, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

Program percepatan vaksinasi Covid -19 tahap satu itu diikuti 800 orang warga masyarakat umum. Dengan jenis vaksin Pfizer. Diselenggaran oleh Puskesmas Srumbung bekerja sama dengan Pemerintahan Desa Mranggen.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Camat Srumbung Budi Riyanto, Kapolsek Srumbung AKP Sumino, Danramil Srumbung Kapten Inf Suparna beserta anggota Koramil dan tenaga kesehatan Puskesmas Srumbung.

Pengamanan dan pemantauan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat dilakukan oleh petugas Koramil dan Polsek Srumbung. Itu untuk menciptakan rasa aman bagi para peserta vaksinasi.

Danramil Srumbung Kapten Inf Suparna mengatakan, pelaksanaan vaksin mungkin terlihat mudah. Namun masih banyak juga warga yang bingung, mengingat usia dan jumlah warga yang cukup banyak. Maka sangat diperlukan pengarahan melalui petugas.

Kami membantu mengarahkan mulai dari pendaftaran, tensi, screening, penyuntikan dan pemberian sertifikat sementara bagi warga, agar mereka tidak bingung,” katanya.

Sambil memberi pengarahan petugas juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan (Prokes). Yakni arti penting memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menjauhi kerumunan, menghindari bepergian jika tidak untuk kepentingan mendesa/penting.

Sinergi

Camat Srumbung Budi Riyanto berterima kasih kepada petugas yang melakukan pengamanan dan monitoring. Baik di dalam area village maupun di lapangan. Itu merupakan salah satu bentuk kerja sama dan sinergi yang sangat baik.

“Mari kita sama-sama sukseskan program vaksinasi nasional, agar pandemi ini bisa segera berakhir dan kita bisa menjalani aktivitas dengan tenang seperti saat sebelum pandemi ini mewabah,” imbuhnya.

Kapolres AKBP  Mochammad Sajarod Zakun melalui Kasi Humas Iptu Abdul Muthohir, hari ini menginformasikan, pelaksanaan vaksinasi dilakukan di sejumlah tempat. Senin (15/11) dilaksanakan di tiga lokasi dan sebanyak  475 orang berhasil divaksin.

Terdiri lima orang divaksin dosis I, kemudian 459 orang dosis 2, dan 11 orang vaksin dosis III.  “Vaksinasi di tiga lokasi itu menggunakan vaksin Coronavac 106 vial, AstraZeneca 28 vial, dan Moderna satu vial,” jelasnya.

Dikatakan, pelaksanaan vaksinasi di Gerai Vaksin Polres Magelang berhasil memvaksin 320 orang, yaitu lima orang vaksin dosis I dan 315 orang dosis II. Sedangkan vaksinasi  Semesta Area Candirejo, Kecamatan Borobudur berhasil menyuntikkan vaksin kepada 141 orang.

Vaksinasi tersebut menyasar warga masyarakat umum yang sudah ikut vaksin I, dan kini disuntik vaksin dosis II. Pelaksanaan vaksinasi di Semesta Area Candirejo berlangsung lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu vaksinasi juga dilaksanakan di Puskesmas Windusari dengan memvaksin 14 orang, terdiri atas tiga orang divaksin dosis II dan 11 orang dosis III.

Eko Priyono-mul