blank
Direktur PT SidoMuncul Irwan Hidayat memotong tumpeng didampingi para mantan bintang iklan Kuku Bima Ener-G

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Hampir semua orang tahu nama Mbah Marijan, juru kunci Gunung Merapi yang meninggal saat erupsi gunung teraktif itu.

Mbah Marijan inilah yang kemudian menjadi maskot produk PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Kuku Bima Ener-G dengan tagline “rosa rosa” yang populer itu.

Produk Kuku Bima ini telah memasuki masa 20 tahun, dirayakan di Ballroom Hotel Tentrem, Kota Semarang, Kamis (25/4/2024) malam.

Acara bertajuk“Gathering Top 20 Grosir Kuku Bima” ini menghadirkan bintang-bintang iklan Kuku Bima Sido Muncul.

Hadir di acara ini Denada Tambunan dan Novia Bachmid, salah satu bintang iklan produk ini, yang sekaligus memandu acara.

Kemudian bintang iklan lain Rieke ‘Oneng’ Dyah Pitaloka artis yang kini jadi anggota DPR RI. Lalu  Shanti, kemudian Chrisjon  petinju Indonesia, juga keluarga Mbah Marijan.

Andai saja Donny Kesuma masih ada, pastilah dia hadir. Dia salah satu bintang iklan Kuku Bima yang cukup populer selain Mbah Marijan.

Bahkan, Dirut Sido Muncul Irwan Hidayat (waktu itu) pernah berkata, “Donny kamu jadi bintang iklan Sido Muncul sampai umur 80 tahun”.

Ya, Donny Kesuma meninggal beberapa waktu lalu karena sakit.

Dalam acara ini juga top 20 grosir Indonesia, di antaranya Padang, Pekanbaru, Surabaya, Gresik, Pontianak, Batam, Banjarmasin, Medan, Palembang, Tangerang, Bangka dan Pontianak.

Para Top 20 Grosir tersebut sebelum acara di Hotek Tentrem diajak berkunjung ke Pabrik Sido Muncul yang berada di Bergas, Kabupaten Semarang.

Para grosir diajak untuk melihat secara langsung proses produksi Kuku Bima dan produk unggulan Sido Muncul lainnya.

Peran Sofyan Hidayat

Dalam sambutannya, Irwan Hidayat mengakui pada 23 April 2004 lalu, Kuku Bima hadir sebagai produk baru yang dinilai belum sesuai harapan dari sisi rasa.

“Peran Pak Sofyan Hidayat sangat besar dalam kehadiran Kuku Bima. Pak Sofyan yang merubah rasa dari sebelumnya kurang enak menjadi sangat enak seperti sekarang,” ujar Irwan Hidayat.

Irwan juga mengakui Sofyan Hidayat, adiknya itu, memiliki peran besar dalam distribusi produk-produk Sido Muncul dengan PT Muncul Mekar.

“Saya sangat bangga dan bersyukur terhadap pencapaian produk Kuku Bima hingga bisa berada di tahap ini. Semoga ke depannya semakin banyak inovasi dan ide kreatif yang bisa dihasilkan agar Kuku Bima bisa semakin maju dan diterima di hati masyarakat,” harap Irwan Hidayat.

Irwan juga berharap perayaan ini menjadi kenangan terbaik terhadap perubahan dan perayaan 20 tahun Kuku Bima bisa menjadi reuni para bintang iklan, PH, dan semua pihak

Reuni Para Bintang Iklan

“Kenapa saya katakan ajang reuni, karena sejak lahirnya Kuku Bima, bintang iklannya sama, PH-nya sama distributor dan grosirnya sama dan ini tentu berkah Tuhan sehingga malam ini sangat bermakna,” tambahnya.

Irwan Hidayat juga mengakui, iklan Gunung Merapi yang dibintangi Donny Kesuma (almarhum), Rieke Dyah Pitaloka, Cris John dan Mbah Maridjan menjadi titik balik produk-produk Sido Muncul.

“Iklan Gunung Merapi ini menjadi titik balik perubahan dalam marketing. Saat itu, Kuku Bima penjualannya melesat hingga Rp300 juta per bulan,” ujar Irwan Hidayat.

Tidak ketinggalan Irwan Hidayat juga menyampaikan terima kepada semua bintang iklan, PH, distributor, grosir dan media.

“Dua tahun hingga sekarang semuanya masih sama, PH sama, bintang iklan sama, distributor sama karena kami selalu konsisten dengan sistem yang sudah disatukan tidak bisa dipisahkan,” tandas Irwan.

Sebagai bentuk apresiasi, prosesi pemotongan tumpeng dilakukan Irwan Hidayat yang diserahkan kepada bintang iklan, PH dan perwakilan distributor dan grosir.

Untuk diketahui, Kuku Bima Ener-G merupakan produk minuman yang dapat menambah stamina dan memelihara daya tahan tubuh sehingga membuat tubuh menjadi selalu sehat.

Produk ini diproduksi pertama kali pada April 2004 dan sudah diekspor ke berbagai negara seperti Malaysia, Nigeria, Brunei Darussalam, Afganistan, Jordan dan beberapa negara lainnya.

Dibuat dengan bahan-bahan alami seperti Ginseng, Royal Jelly, Madu serta berbagai macam vitamin, produk ini juga memiliki berbagai varian rasa, mulai rasa Original, Anggur, Mangga, Kopi, Jambu, Jeruk, Nanas, Susu Soda dan Anggur plus Vitamin C.

Dalam 20 tahun Kuku Bima Energy, Kuku Bima juga mengadakan kompetisi desain kemasan yang akan diproduksi secara terbatas atau limited edition.

Dalam kompetisi tersebut dipilih 15 pemenang favorit, empat pemenang besar dan satu pemenang utama karya terpilih.

Kemudian dalam perayaan tersebut, Irwan Hidayat juga melaunching kemasan Kuku Bima dengan desain limited edition.
Wied