SEMARANG– Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Sapta Gita Jaya Universitas Semarang (USM) berhasil meraih Gold Certificate pada Satya Dharma Gita Choir Festival yang di gelar oleh Fakultas Hukum Universitas Diponegoro secara daring pada 10-13 November 2021. Tim yang beranggotakan 23 Mahasiswa tersebut berhasil meraih medali emas dengan skor 80.30 dengan predikat Very Satisfied Level II pada kategori Mixed Choir.

Persiapan dilakukan dengan waktu yang dibilang cukup singkat, hanya sekitar 3 bulan, namun PSM Sapta Gita Jaya berhasil menunjukkan bahwa dengan persiapan yang singkat pun, kita tetap bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan keterbatasan yang ada, dan anggota Tim yang sebagian besar relatif masih baru, PSM Sapta Gita Jaya, berhasil meraih gold medal pada 8th SDGCF 2021” dengan event kategori bertaraf Internasional. Ungkap pelatih paduan Suara Sapta Gita Jaya Bapak Petrus Wahyu.

Rektor Universitas Semarang ( USM ) Dr. Supari, S.T.,M.T. mengucapkan terima kasih dan bangga atas prestasi yang diraih UKM Paduan Suara Sapta Gita Jaya pada Satya Dharma Gita Choir Festival 2021 Yang diselenggarakan oleh FH Undip tersebut. Senada dengan Rektor USM pembina paduan Suara Sapta Gita Jaya Tetty Susilowati, S.E.,M.M. juga merasa terharu dan bangga dengan prestasi yang diraih anak asuhnya.

“Semoga Paduan Suara Sapta Gita Jaya tetap solid , bisa menunjukkan prestasi yang membanggakan, dan mampu mengharumkan nama USM baik di level Nasional maupun Internasional” ungkap Tetty.

Pada choir competition yang bertaraf internasional ini mempertandingkan 4 Kategori yaitu Teenager, Mixed Youth , Mixed , Folksong and Popular Song Category dan diikuti oleh 22 peserta paduan suara baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Beberapa Prestasi yang pernah diraih PSM Sapta Gita Jaya USM antara lain Silver Medal Folklore Category BCF 8th, dan Silver Medal Mixed Category BCF 8th peyelenggara Universitas Brawijaya, 2nd Place Folklore Category KCG 2017, dan Gold Medal Mixed Category KCG 2017 dengan penyelenggara Karangturi. Selain itu pada 2019 PSM Sapta Gita USM juga meraih Gold Medal Mixed Category BCF 9th, Silver Medal Folklore Category BCF 9th dengan penyelenggara Universitas Brawijaya.

Saiful Hadi – USM