blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Kapolres AKBP Piter Yanottama dan Kajari Fajar Sukristyawan menyalami angota Polres pada Apel Gelar Opeasi Zebra Candi 2021.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Polres Kebumen resmi menggelar Operasi Zebra Candi 2021selama 13 hari kedepan, muali dari hari ini Senin 15/11 sampai 18/11-2021.

Operasi terpusat itu secara simbolis dibuka langsung Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres Kebumen Jalan Tentara Pelajar, Senin (15/11).

Bupati Kebumen dalam amanatnya menyatakan, selain edukasi protokol kesehatan, fokus operasi ini adalah menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kebumen, serta pemulihan ekonomi nasional di tengah Pandemi Covid-19.

blank
Kapolres AKBP Piter Yanottama mengenakan pita kepada anggota pada Apel Operasi Zebra Candi 2021.(Foto;SB/Ist)

“Sebagaimana diketahui bersama, bahwa keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi yang dapat menunjang pembangunan nasional,”jelas Arif Sugiyanto.

Dengan demikian, Operasi Zebra Candi 2021 yang digelar Polres Kebumen sangat bermanfaat di tengah situasi Pandemi Covid-19.

Berupa Tindakan Simpatik Patuhi Lalu-lintas dan Prokes

Sedangkan Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama menjelaskan, pada Operasi Zebra tahun ini, tidak berorientasi pada penegakan hukum lalu lintas semata, tetapi pelaksanaan diarahkan pada pola preemtif dan preventif berupa tindakan simpatik.

Kepada para personel yang sedang bertugas dalam operasi tersebut, AKBP Piter Yanottama berpesan agar selalu bertindak secara profesional.

“Kepada seluruh anggota yang terlibat dalam Operasi Zebra Candi, agar selalu mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan personel dengan berpedoman pada SOP yang telah ditetapkan,” jelas AKBP Piter Yanottama.

Kepada masyarakat, Kapolres Kebumen berpesan untuk ikut menyukseskan operasi yang sedang digelar dengan selalu patuh protokol kesehatan (Prokes) dan tertib lalu lintas.

Pada dasarnya, Prokes dan tertib berlalu lintas merupakan dua hal penting yang harus selalu dipedomani oleh seluruh warga masyarakat dalam peningkatan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19.

Komper Wardopo