PLN UIK TJB kembali menampung ide, gagasan dan inovasi generasi-generasi muda PLTU Tanjung Jati B Jepara melalui kegiatan kompetisi lomba “Inovasi TJB Raya 2021

JEPARA (SUARABARU.ID) – Inovasi merupakan ide dan gagasan baru yang akan memudahkan penerapan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di bidang pembangkit listrik. Untuk menjaga performa dan keandalan pembangkit PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B atau PLN UIK TJB kembali menampung ide, gagasan dan inovasi generasi-generasi muda PLTU Tanjung Jati B Jepara melalui kegiatan kompetisi lomba “Inovasi TJB Raya 2021” . Kegiatan tersebut digelar  Rabu 3/11/2021 di Gedung Edukasi Kelistrikan/ Energo TJB Educenter di PLTU Tanjung Jati B Jepara.

Dalam “Inovasi TJB Raya 2021” ini ada 13 karya inovasi pembangkit  listrik diikutsertakan dalam kegiatan kompetisi tersebut. 5 inovasi bidang teknis diantaranya, “Preventive Purging Line pada Sensor Level Coal Silo 3D&4B, Modifikasi Pengaturan Stroke Chemical Hydrazine, Instalasi Vacuum Pump Tie-line pada Vacuum Belt Filter untuk Menjaga Keandalan FGD, Emergency Air Suply For Fly Ash Conveying And Fly Ash Unloading At Fly Ash System dan Improvement Coating Lantai di Powerhouse PLTU TJB Unit 3&4 Sebagai Bagian dari Penerapan 5S”.

alah sat peserta saat memaparkan innovasinya dalam Kompetisi Inovasi TJB Raya 2021

Sedangkan untuk karya inovasi bidang non-teknis diantaranya, “Dari Sinkronisasi ISO TJB Raya Untuk Mempertahankan Proper Emas, Penerapan CSMS Dengan Platform TJB 4.0, Manajemen Data Emisi, Digitalisasi Dashboard Performance Management Berbasis Google Data Studio, Sistem Informasi Material Gate Pass (SIMAGEPAS)  Untuk Mendukung TJB 4.0, (SIMATA) : Sistem Informasi Manajemen Tamu Untuk Mendukung TJB 4.0, Sistem Dokumentasi & Monitoring Kontraktor Berbasis Aplikasi Android” serta karya inovasi berjudul “Dari Limbah Menjadi Rumah (Pemanfaatan FABA PLTU Sebagai Bahan Bangunan”.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Panita Inovasi TJB Raya 2021, Manajer Enjiniring Yusvi Adi Mustofa menjelaskan bahwa kegiatan “TJB Innovation Competition 2021” ini merupakan bagian dari implementasi pilar knowledge management dimana salah satu pilarnya adalah knowledge creation.

Peserta Kompetisi Inovasi TJB Raya 2021

“Melalui kegiatan ini diharapkan ada ide, gagasan atau pengetahuan baru yang dapat membantu proses bisnis di PLTU Tanjung Jati B dan lebih dari itu inovasi tersebut diharapkan bisa menjawab tantangan khususnya masalah Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA) di era 4.0 ini,” ujar Yusvi Adi Mustofa

Diharapkan kedepannya inovasi-inovasi ini semakin meningkatkan potensi-potensi yang ada di PLTU Tanjung Jati B, sehingga baik dari sisi teknik maupun non teknik seluruh pegawai di PLTU Tanjung Jati B mampu berkembang dengan baik dan menjadi SDM yang unggul di masa mendatang.” jelas Yusvi Adi Mustofa.

Untuk peserta kompetisi Inovasi TJB Raya 2021 ini, selain diikuti oleh pegawai/karyawan PLN UIK TJB, juga diikuti oleh pegawai/karyawan yang ada di internal perusahaan mitra TJB Raya di PLTU Tanjung Jati B.

Adanya kegiatan kompetisi Inovasi TJB Raya ini, awalnya dilatarbelakangi dengan terbitnya SK DIR No. 002.K/DIR/2011, tanggal 6 Januari 2011 tentang Pengelolaan-Pemanfaatan-Pengembangan dan Perlindungan Karya Inovasi.

Ini  menunjukkan komitmen manajemen PT PLN (Persero) dalam memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap karya inovasi yang dibuat oleh pegawai PLN dan juga mewadahi Knowledge Sharing antar pegawai, berkaitan dengan implementasi Knowledge Management di lingkungan PLN, sehingga diharapkan pegawai termotivasi untuk terus berkarya dan dapat lebih merasa ikut berperan, bertanggungjawab dan rasa memiliki dalam menjalankan bisnis perusahaan serta pengembangan potensi diri.

Seleksi penghargaan karya Inovasi adalah sebuah ajang seleksi bagi pegawai PLN dan anak perusahaan yang inovatif, yang telah berlangsung sejak tahun 1999. Karya-karya inovasi yang diseleksi merupakan hasil dari implementasi knowledge management di setiap unit dan anak perusahaan yang terbaik, karena inovasi yang dikirimkan ke PLN telah diseleksi dari banyak karya inovasi di unit tersebut.

Aplikasi Manajemen Inovasi Online (AMIO) adalah sebagai salah satu alat untuk mempermudah bagi pengelola inovasi di unit atau anak perusahaan untuk mengirimkan karya inovasinya, sekaligus mempermudah bagi panitia di tingkat pusat dan memberikan kemudahan bagi penilai inovasi, khususnya dalam penilaian tahap awal.

Dengan AMIO ini para penilai dapat melakukan penilaian kapan waktu sempat para penilai menilai suatu karya inovasi. Harapan ke depan AMIO ini dapat digunakan untuk memvalidasi inovasi sesuai tahapan penilaian yang saat ini dilakukan baik di tingkat unit maupun pusat, serta dapat dikaitkan dengan database kepegawaian PLN.

“Semoga kedepannya akan semakin banyak karya inovasi yang dihasilkan dan bisa bermanfaat untuk kemajuan dan keandalan khususnya di Pembangkit listrik seperti halnya di PLTU Tanjung Jati B,” ujar Manajer Enjiniring Yusvi Adi Mustofa yang juga Ketua Panita Inovasi TJB Raya 2021.

Hadepe

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here