blank
Bek sayap tim nasional Skotlandia Nathan Patterson (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai menjebol gawang Moldova dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Zimbru, Cishinau, Moldova, Jumat (12/11/2021) waktu setempat.

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Tim nasional Skotlandia mengunci satu tiket babak playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa seusai mengatasi tuan rumah Moldova 2-0 dalam laga lanjutan Grup F di Stadion Zimbru, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Gol-gol Nathan Patterson dan Che Adams ke gawang Moldova memastikan Skotlandia bakal finis di posisi kedua klasemen akhir Grup F, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sebab Andy Robertson dkk kini memiliki 20 poin, unggul tujuh poin atas Israel yang berada di posisi ketiga dan belum memainkan pertandingan mereka, sedangkan Moldova kian terpatri di dasar klasemen Grup F dengan satu poin.

Baru tiga menit pertandingan berjalan Adams sudah berhasil menjebol gawang Moldova memanfaatkan umpan silang Robertson, tetapi gol itu segera dianulir karena offside.

Setelah banyak peluang terbuang, Skotlandia akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-38 saat Patterson menyudahi kerja sama umpan satu dua bersama John McGinn dengan sepakan keras yang memperdaya kiper Stanislav Namasco.

Keunggulan Skotlandia digandakan oleh Adams pada menit ke-65 saat ia tinggal menyontek umpan tarik matang kiriman Patterson.

Tim tamu sepertinya akan membukukan kemenangan mudah, tetapi hal itu terancam ketika VAR menyatakan Patterson melakukan pelanggaran handball di dalam kotak terlarang pada menit ke-81.

Namun, kiper Craig Gordon naik panggung jadi pahlawan untuk mementahkan eksekusi penalti Vadim Rata. Bola muntah berusaha disambar oleh Rata, tetapi kali ini Kieran Tierney memberikan peran krusialnya untuk menghadang tembakan gelandang Moldova itu.

Kemenangan memberi ketenangan bagi Skotlandia yang akan menutup penampilan di Grup F menjamu pemuncak klasemen Denmark pada Senin (15/11) dan di saat bersamaan Moldova bertandang ke Austri

Ant/Muha