blank
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen,bersilaturahmi dengan PWNU Sulawesi Tenggara, Sabtu (13/11/2021). Foto: doc/ist

KENDARI (SUARABARU.ID) – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengunjungi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) V Korpri 2021 di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Dia berniat memberikan dukungan kepada Kafilah Jawa Tengah yang akan turut berpartisipasi dalam MTQ V Korpri 2021.

Sebelum menemui Kafilah Jawa Tengah, Taj Yasin menyempatkan diri bersilaturahmi dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sultra dan beberapa tokoh agama, Taj Yasin di Kantor Wilayah Kementerian Agama Sultra, Sabtu (13/11/2021).

Dalam silaturahmi tersebut, Taj Yasin menjelaskan beberapa program Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Salah satunya, adalah pemberian insentif bagi pengajar keagamaan di Jawa Tengah.

“Saya bersama Mas Ganjar sepakat untuk memberikan insentif kepada pengajar keagamaan. Lewatnya Kanwil Kemenag, bentuknya hibah. Sampai saat ini sudah sekitar 211 ribu tenaga pengajar. Dan bukan hanya pengajar agama Islam, tapi juga pengajar agama lainnya,” kata

Tak hanya itu, Taj Yasin juga menyampaikan kalau selama pandemi covid-19, Pemprov Jateng menggalakkan program “Jogo Tonggo” untuk masyarakat Jawa Tengah.

“Selain itu, ada turunannya juga program Jogo Kyai, Jogo Santri. Dan yang berprestasi itu kita beri apresiasi,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua PWNU Sultra, Drs. K.H. Muslim, M.Si,  memuji langkah Pemprov Jateng dalam mengapresiasi pengajar keagamaan di Jawa Tengah. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Pemprov Jateng memberikan kegembiraan tersendiri bagi pengajar keagamaan atas dedikasi mereka.

“Saya kira program yang sudah dilakukan di Jateng itu program brilian. Saya kira belum ada di semua wilayah. Karena betul-betul bahwa yang di Jateng itu adalah orang-orang yang berjasa di masyarakat. Di sini juga banyak seperti itu, namun insentifnya itu belum terlaksana,” kata dia.

Muslim menambahkan, pihaknya akan mencoba memberikan dorongan kepada Kanwil Kemenag Sultra agar dapat mengusulkan program tersebut ke Pemprov Sultra.

“Maka itu, kami yang di NU ini bisa memberikan dorongan mungkin melalui kanwil agama supaya ini diteruskan kepada Pemprov supaya ini nanti bisa menjadi perhatian,” tambah dia.

Di sisi lain, Muslim juga mengapresiasi kehadiran Taj Yasin dalam MTQ V Korpri 2021 di Sultra. Dia menilai kehadiran kepala daerah bagi Kafilah menjadi dorongan semangat tersendiri.

“Kedua, kami dari NU sangat bangga dan memiliki atensi bahwa beliau itu di mana-mana punya perhatian terhadap warga Nahdliyin. Karena itu, kami senantiasa memberikan apresiasi,”tutup dia.

Hery Priyono