RM Mbak Maya merupakan mitra dari Kelompok KKN 42 Unisnu, seusai mengikuti pelatihan digital marketing.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pertumbuhan dan Perkembangan UMKM saat ini semakin pesat. Hal ini menyebabkan persaingan antar UMKM juga semakin tinggi. Untuk mengatasi hal ini, maka penting bagi pelaku UMKM untuk terus mengupgrade perkembangan usaha mereka, salah satunya  dibidang pemasaran.

Digital marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang penting untuk diterapkan saat ini. Digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran atau promosi suatu produk dengan menggunakan media digital atau internet  sehingga pelaku usaha dapat  memperoleh pelanggan yang jauh lebih banyak.

Namun, saat ini masih terdapat banyak pelaku UMKM yang masih belum menerapkan digital marketing pada usaha yang mereka jalankan. Salah satunya adalah RM Mbak Maya. RM Mbak Maya merupakan salah satu UMKM yang terdapat di Desa Karanggondang tepatnya di Dukuh Empurancak Rt 05 Rw 08.  RM Mbak Maya merupakan mitra dari Kelompok KKN 42 Unisnu Jepara. Selama ini RM Mbak Maya hanya menggunakan pemasaran secara offline saja.

Maka dari itu kelompok KKN 42 yang diketuai oleh Alfin Kausar yang berasal dari prodi Teknik Industri dan anggotanya yakni Ifa Nurunniyah dari prodi Perbankan Syariah, Wanda Amelia Susanto dari prodi Akuntansi, Fifi Amelia dari prodi Teknik Industri dan Vivi Febriyani dari prodi Perbankan Syariah ingin mengadakan pelatihan digital marketing untuk membantu meningkatkan omset di RM Mbak Maya.

Dengan didampingi oleh  Subadriyah S.E., M.Si. selaku DPL,  kelompok ini telah  melakukan pelatihan digital marketing. Pelatihan ini diikuti oleh pemilik RM Mbak Maya dan para pegawainya. Pada pelatihan tersebut, Wanda Amelia Susanto selaku pemateri dalam pelatihan digital marketing tersebut menjelaskan bahwa keuntungan pemasaran dengan menggunakan digital marketing itu sangat banyak yaitu jangkauan pembeli yang lebih luas, bisa mengetahui profil pembeli, mudah dan nyaman serta hasil dari usaha yang dijalankan bisa diukur” ujarnya.

Sementara itu pemilik RM Mbak Maya yakni Maya Nur Laila mengatakan dengan  adanya kegiatan KKN bisa membantu  untuk meningkatkan omset rumah makan kami”.

Sedangkan  Subadriyah S.E., M.Si.  berharap, pelatihan Digital Marketing yang telah dilakukan Mahasiswa KKN Unisnu Kelompok 42 ini bisa memberikan pengaruh terhadap usaha Rumah Makan Mbak Maya, salah satunya bisa meningkatkan omset penjualan rumah makan ini.”

Alvaros – Ifa Nurunniyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here