blank
Bu Sumarti, pemiliki usaha rumahan Ikan Asap “Ibu Sumarti bersama tim KKN Unisnu, Kelompok 77

JEPARA (SUARABARU.ID) – Jobokuto adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Jepara. Mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah nelayan. Di Desa Jobokuto tepatnya di RT 07 RW 02 Jepara terdapat usaha rumahan  yang bergerak di bidang perikanan yaitu UMKM Ikan Asap “Ibu Sumarti”. UMKM ini dikelola oleh Ibu Sumarti sendiri beserta suaminya.

Usaha Ikan Asap “Ibu Sumarti” berdiri sejak tahun 2001. Usaha dagang ikan asap ini bisa dikatakan sebagai usaha keluarga, karena usaha ini mulai dirintis oleh kedua orang tua Ibu Sumarti yang  selanjutnya dikembangkan oleh Ibu Sumarti.

Namun pada masa Covid-19, banyak pelaku UMKM yang merasakan dampaknya. Salah satunya adalah usaha  Ibu Sumarti yang menjual olahan ikan asapnya di Pasar Jepara. Menurut Sumarti penghasilan yang diperoleh dari penjualan ikan asap di pasar  menurun. Terlebih pada saat masa PPKM, dengan adanya kebijakan pemerintah untuk membatasi mobilitas masyarakat pergi ke pasar.

Berdasarkan observasi tersebut maka  Tim KKN UNISNU Kelompok 77 yang terdiri dari Ahla Nafisah Rizqina, Milla Dunnaa Ilmaa, Arofatun Nabilla, Zaenab Karbala, Meilina Jannatus Sak’adah, dengan Dosen Pembimbing Mayadina R.M.,S.H.I., M.A.  sepakat untuk menjadikan UMKM Ikan Asap “Ibu Sumarti” sebagai mitra.

“Kita sepakat bermitra dengan UMKM Ikan Asap “IBu Sumarti” karena kami ingin membantu pemulihan perekonomian UMKM ini di masa pandemi”, ujar Ahla selaku ketua kelompok.  Usaha bu Sumarti harus dibangkitkan kembali, tambahnya.

Beberapa hal yang dilakukan Tim KKN UNISNU Kelompok 77 bersama mitra antara lain pemasangan banner tempat usaha pengolahan ikan asap agar menjadi penanda usahanya, memperluas wilayah pemasaran melalui online marketing. Sebab selama ini Ibu Sumarti belum pernah mencoba menjual ikan asap secara online ke luar Jepara.

Akhirnya Tim KKN UNISNU Kelompok 77 berinisiatif untuk ikut mengembangkan sistem pemasaran Usaha Ikan Asap “Ibu Sumarti” dan juga memberi inovasi untuk pengemasan ikan asap dengan menggunakan kemasan vacum serta menambahkan logo kemasan untuk menciptakan brand usaha tersebut.

Tujuan dari pengemasan ikan asap dengan vacum ini agar olahan ikan asap bisa tahan lama dan bisa dikirim ke luar Jepara. Selain itu, dengan pemberian banner usaha diharapkan agar Usaha Ikan Asap Ibu Sumarti mudah dikenali oleh masyarakat luas bukan hanya masyarakat yang ada di Desa Jobokuto.

Sementara itu, terkait dengan kerjasama antara Ibu Sumarti dengan Tim KKN UNISNU Kelompok 77, Ibu Sumarti selaku pemilik usaha menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa KKN Unisnu Kelompok 77.

“Saya berterimakasih sekali kepada Tim KKN Unisnu yang sudah bersedia untuk ikut bekerjasama dalam mengembangkan strategi pemasaran dan peningkatan kemasan yang lebih baik, semoga dengan inovasi tersebut penjualan Ikan saya bisa meningkat dan lebih maju lagi,” ujar Ibu Sumarti.

Alvaros