blank
Mobil Max Verstappen saat ‘’terbang’’ di atas mobil Lewis Hamilton. (dok)

(SUARABARU.ID) – Max Verstappen terkena penalti setelah terlibat insiden tabrakan dengan rivalnya, Lewis Hamilton, pada balapan Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Italia di Sirkuit Monza, Minggu (12/9/2021).

Dengan hukuman itu, Verstappen akan mundur tiga tempat dalam posisi start pada balapan berikutnya, GP Rusia, 26 September mendatang.

Kedua pembalap yang sedang bersaing dalam perebutan gelar juara dunia itu bertabrakan pada tikungan 2 Sirkuit Monza di lap ke-27.

Verstappen, yang mencoba melewati Hamilton di sekitar bagian luar tikungan 1, menabrak trotoar dan mobil Mercedes yang dikemudikan Hamilton.

Keduanya keluar dari lintasan dan berhenti di gravel, balapan mereka pun berakhir.

Lewis dan Max sama-sama saling menyalahkan dalam kecelakaan ini.

Bos tim Mercedes, Toto Wolff, menuduh Verstappen melakukan ‘’pelanggaran taktis’’, sedangkan Christian Horner, bos tim Red Bull, menyatakan itu adalah ‘’insiden balap’’.

Setelah diselidiki  stewards, akhirnya diputuskan Max yang dipersalahkan dan mendapat penalti mundur pada start GP Rusia nanti.

Max dinilai sebagai penyebab tabrakan dengan pesaing terdekatnya itu.

Insiden di Monza ini memang mengerikan karena mobil Red Bull yang dikemudikan Verstappen ‘’terbang’’  dan menggilas bagian atas mobil Mercedes milik Hamilton.

Ban belakang kanan mobil Max berada tepat di atas kepala Lewis.

Beruntung ada Halo, perangkat keselamatan yang mampu melindungi pembalap ketika terjadi kecelakaan.

Seperti dikutip Sky Sports, Toto Wolff memuji pelindung Halo yang menyelamatkan  Hamilton dari cedera serius.

GP Italia dimenangi pembalap McLaren, Daniel Ricciardo, yang diikuti Lando Norris (McLaren), dan pembalap Mercedes, Valtteri Bottas.

Saat ini pimpinan klasemen masih dipegang Verstappen yang hanya unggul lima poin atas Hamilton.

rr