Ketua Badan Kerja sama Organisasi Wanita Provinsi Jawa Tengah, Nawal Nur Arafah Yasin. (doc/ist)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tenaga Kerja Wanita (TKW) memiliki peran yang luar biasa dalam memutar roda ekonomi negara. Terlebih, tanggung jawab itu ditopang oleh wanita Indonesia, selain sebagai penyumbang devisa, TKW juga berperan sebagai duta kebudayaan bangsa.

Maka dari itu, para TKW perlu diberikan pembekalan pendidikan karakter agar pekerjaan yang dilakukan menjadi suatu hal yang baik untuk dirinya dan negaranya.

Hal itu, dikatakan oleh Ketua Badan Kerja sama Organisasi Wanita Provinsi Jawa Tengah, Nawal Nur Arafah Yasin dalam diskusi “Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Calon TKW”, Jumat (10/9/2021).

“Dengan pendidikan karakter, setiap individu akan berusaha melakukan hal-hal terbaik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dirinya, sesamanya, lingkungan, bangsa, dan negara, serta dunia internasional,” ucap Ning Nawal sapaan akrabnya.

Istri Wakil Gubernur Jawa Tengah itu, berharap para TKW menjadi pribadi yang cinta dan bangga dengan negaranya, dan juga disiplin, berani dan jujur, serta memiliki semangat bekerja keras.

“Untuk mewujudkan hal itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kerja, yang dibimbing oleh lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan kerja milik pemerintah maupun swasta yang terakreditasi,” katanya

Dengan begitu, para TKW terfasilitasi dari segi pendidikan karakter, ilmu pengetahuan dan rasa cinta terhadap tanah air.

Bahkan, Ning Nawal juga menjelaskan ada empat nilai yang akan dicapai ketika nantinya pendidikan karakter telah didapatkan. Yakni nilai religius, nilai nasionalisme, nilai gotong-royong dan nilai integritas.

“Apabila TKW mampu mengimplementasikan hal-hal tersebut, maka akan berpengaruh pada peningkatan produktivitas kerja dan menumbuhkan sikap baik orang-orang di sekitarnya,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here