blank
Wakil Bupati Kendal H. Windu Suko Basuki, S.H, Sekda Kendal Moh Toha, S.T., M.Si, Forkopimda Kendal, dan Plt. Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kendal Wahyu Yusuf Ahmadi, serta Sekretaris Diskominfo Kabupaten Kendal Dwi Cahyono Suryo saat mengikuti upacara peringatan Hari Olahraga Nasional(Haornas) ke-38 tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia( Kemenpora) RI, melalui virtual di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kabupaten Kendal.(FOTO:SB/Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Wakil Bupati Kendal H. Windu Suko Basuki, S.H, mengikuti upacara peringatan Hari Olahraga Nasional(Haornas) ke-38 tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia( Kemenpora) RI, melalui virtual di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kabupaten Kendal, Kamis (09/09/2021).

Turut hadir pada cara ini, Sekda Kendal Moh Toha, S.T., M.Si, Forkopimda Kendal, dan Plt. Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kendal Wahyu Yusuf Ahmadi, serta Sekretaris Diskominfo Kabupaten Kendal Dwi Cahyono Suryo.

Pada kesempatan ini, mereka secara seksama mendengarkan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali dan Pidato Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

Dalam sambutannya Menpora RI Zainudin menyampaikan, bahwa pihaknya bersyukur walaupun pandemi yang masih melanda tanah air, namun masih bisa berkesempatan melaksanakan peringatan Haornas ke-38 tahun 2021, baik secara langsung maupun virtual.

Menpora menjelaskan, Haornas pada tahun 2021 ini mengambil tema “Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju” sebagaimana arahan presiden pada peringatan Haornas yang ke 37 tahun 2020 yang lalu.

“Baik kepada kami maupun kepada stake holder olahraga lainnya, diminta untuk melakukan review total terhadap ekosistem olahraga nasional, dan melakukan perbaikan tata kelola pembinaan prestasi serta melakukan sinergitas, antara pemangku kepentingan olahraga nasional dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah,”katanya Zainudin, dalam sambutannya.

Zaenudin, menyatakan, pihaknya menyadari bahwa tidak ada prestasi yang dihasilkan dengan instan, namun untuk menghasilkan prestasi olahraga sangat dibutuhkan pembinaan jangka panjang yang terencana, terstruktur, dan berkesinambungan.

“Tentunya dengan dukungan elemen-elemen penunjang lainnya. Dalam pembinaan olahraga modern, harus dijadikan pembinaan utama dalam melahirkan atlet-atlet yang berprestasi di tingkat dunia,”ujarnya.

Selain itu, lanjut Zaenudin, harus menempatkan olahraga sebagai bagian terpenting sebagai sumber daya manusia yang tangguh berkarakter dan punya kemampuan untuk bersaing.

Sementara itu dalam pidatonya, Presiden RI, Ir. Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Olahraga Nasional ke-38 kepada seluruh insan Indonesia dan seluruh masyarakat Indonesia yang selalu mendukung olahraga, dan peringatan Hari Olahraga Nasional.

“Tahun ini, kita peringati dengan catatan prestasi yang membanggakan, atas raihan medali dalam ajang Olimpiade dan pra olimpiade Tokyo 2020,”kata Jokowi.

Menurut Jokowi, capaian prestasi yang mengispirasi seluruh bangsa bukan hanya membuat kita bangga, namun juga memacu lahirnya prestasi-prestasi olahraga yang lebih gemilang di masa yang akan datang.

“Apresiasi dan terima kasih juga saya sampaikan oleh atas perjuangan dan kerja keras para atlet, dan ketekunan dari para pelatih yang telah mampu mengasah talenta-talenta hebat, sehingga mengharumkan nama bangsa melalui prestasi prestasi olahraga,”ujarnya.

Jokowi berpesan, agar prestasi olahraga harus terus ditingkatkan, karena prestasi tidak muncul begitu saja, prestasi dihasilkan sebuah proses pembinaan dari hulu hingga hilir yang sistematis dan berkelanjutan.Sapawi