blank
Kakanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin, bersama Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Widi Prasetijono, Biddokkes Polda Jateng, AKBP Supramu, dan Kalapas Kelas 1 Semarang, Supriyanto saat menghadiri vaksinasi di Lapas Kelas 1 Semarang. Foto: Ning

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jateng menggelar vaksinasi untuk seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di wilayah Jateng.

Dalam kegiatan vaksinasi yang berlangsung di Lapas kelas 1 Semarang, dibuka oleh Kakanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin, didampingi Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Widi Prasetijono, Kasubbid Dokpol Biddokkes Polda Jateng, AKBP Supramu, dan Kalapas Kelas 1 Semarang, Supriyanto, Rabu (28/7/2021).

Kegiatan vaksinasi ini adalah kolaborasi antara Kanwil Kemenkumham Jateng bersama Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro. Untuk vaksin sendiri merupakan bantuan dari Polda Jateng.

Yuspahruddin menyampaikan, kegiatan vaksinasi ini merupakan kontribusi Kanwil Kemenkumham Jateng bersama jajaran dalam upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19, khususnya di lingkungam Lapas dan Rutan.

“Aksi ini merupakan tindak lanjut dari perintah Menteri Hukum dan HAM RI, agar memfasilitasi pemberian vaksin bagi WBP di seluruh Indonesia,” kata Yuspahrudin kepada awak media di Semarang.

Menurut Yuspahruddin, kondisi Lapas dan Rutan saat ini rentan terhadap penyebaran Covid-19. “Apalagi kondisi di Lapas dan Rutan over kapasitas yang menyebabkan penerapan 5M, khususnya dalam menjaga jarak dan menjauhi kerumunan tidak bisa maksimal,” ungkapnya.

Disebutkan bahwa dalam pemberian vaksin ini diberikan secara bertahap. “Untuk tahap pertama vaksin diberikan kepada 1.543 WBP Lapas Kelas 1 Semarang yang berlangsung selama dua hari, yakni pada 28 dan 29 Juli 2021, dengan melibatkan tenaga kesehatan dari Lapas Kelas 1 Semarang, Lapas Perempuan Kelas 2A Semarang, Biddokkes Polda Jateng, dan Kesdam IV/Diponegoro,” jelasnya.

Sementara itu, vaksinasi juga akan dilaksanakan di Lapas Perempuan Kelas 2A Semarang pada tanggal 30 Juli 2021. Nantinya vaksin akan diberikan kepada 270 WBP Lapas Perempuan Kelas 2A Semarang, dengan mekanisme yang sama.

Menurut Yuspahruddin, tercatat ada 18 kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk WBP, antara lain Lapas Kelas 1 Semarang, Lapas Kelas 2A Ambarawa, Lapas 2A Magelang, Lapas 2A Pekalongan, Lapas 2A Sragen, Lapas 2A Karanganyar Nusakambangan, Lapas 2B Brebes.

Selanjutnya Lapas Pemuda Kelas 2B Plantungan, Lapas Perempuan Kelas 2A Semarang, Lapas Narkotika Kelas 2B Purwokerto, Rutan Kelas 1 Surakarta, Rutan 2A Pekalongan, Rutan Kelas 2B Demak, Rutan Kelas 2B Kebumen, Rutan Kelas 2B Purbalingga, Rutan Kelas 2B Wonosobo, Rutan Kelas 2B Boyolali, dan Rutan Kelas 2B Pemalang.

Ning