blank
Petugas saat menghentikan sebuah travel berpelat nomor dari luar daerah. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Meski operasi ketupat telah usai, namun persone gabunganl tetap masih melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD). Kegiatan tersebut salah satunya di posko cek poin Simpang Lima Purwodadi, Rabu (19/5/2021).

Dalam operasi yang diikuti personel Polres Grobogan, Kodim 0717/Purwodadi, Satpol PP Grobogan, Dishub dan Tenaga Kesehatan dari Dinkes Grobogan, sebanyak 125 kendaraan berpelat luar daerah dihentikan.

Hal itu dibenarkan Kepala Posko Pengamanan KRYD Simpang Lima, Iptu Setyo Budi. Menurut dia, dalam operasi ini, dari 125 KBM berpelat luar daerah, ada 105 penumpang yang juga ikut diperiksa.

“Sebanyak 125 kendaraan dengan plat nomor luar daerah kita hentikan saat melintasi posko cek poin ini. Jumlah tersebut terdiri dari roda 2 sebanyak 10 unit, roda 4 sebanyak 95 unit. Kemudian, ada bus sebanyak 5 unit, travel 10 unit, dan truk barang 5 unit,” tambah Iptu Setyo Budi.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan tes swab antigen terhadap 22 orang penumpang. Hasil dari swab seluruhnya negatif.

Wahyuni, salah satu penumpang mengatakan, dia melakukan perjalanan dari Solo dengan tujuan Pati. Hal itu dilakukan karena ada kepentingan mendadak di daerah tersebut.

“Alhamdulilah hasilnya negatif setelah di-swab. Semoga saya selalu disehatkan sampai di tempat tujuan,” ucap Wahyuni.

Imbau Masyarakat

Sementara itu, Kabag Ops Polres Grobogan, Kompol Sugiyanto, menjelaskan sejumlah pos pengamanan Operasi Ketupat diganti dengan Pos Pam KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkam), sedangkan posko yang sudah tidak diperlukan dialihkan ke sejumlah tempat lain sesuai sasaran, diantaranya terminal dan sejumlah objek wisata.

KRYD sendiri dilakukan pendataan dan pemeriksaan terhadap masyarakat yang akan kembali ke luar daerah untuk bekerja. Namun, tetap akan dilakukan pemeriksaan rapid antigen kepada masyarakat yang akan pergi ke luar daerah.

“Pemeriksaan dilakukan di Pos KRYD serta lokasi yang sudah ditentukan maupun di posko PPKM masing-masing wilayah. Untuk kegiatan KRYD akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 18 Mei 2021 dan akan berakhir pada 24 Mei 2021,” ucapnya.

Hana Eswe