blank
Juru Bicara GTPP Covid-19 Wobosobi, dr Mohammad Riyatno, MKes. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonosobo merilis jadwal jaga apotek untuk masa libur lebaran 1442 H, mulai 10 Mei hingga 16 Mei 2021.

Sebanyak 31 Apotek dan 4 Instalasi Farmasi di 4 Rumah Sakit bakal tetap membuka layanan kefarmasian untuk masyarakat yang membutuhkan, dengan jadwal yang telah diatur.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonosobo, dr Mohamad Riyatno MKes menyebut 31 Apotek tersebut tersebar di 11 Kecamatan, dengan sebagian besar, atau 11 diantarranya berada di wilayah Kecamatan Wonosobo.

Sementara, untuk instalasi farmasi yang tetap akan dibuka 24 jam, sebagaimana disebut dalam rilis tersebut adalah IFRS RSUD KRT Setjonegoro, IFRS RSI Wonosobo, IFRS PKU Muhamadiyah Wonosobo, dan IFRS RSIA Adina Wonosobo.

Dari jadwal yang dirilis DKK Wonosobo tersebut, diketahui pula bahwa pada setiap harinya ada 4 sampai 5 apotek yang berjaga.

Lapor KLB

Pada masing-masing apotek jaga, setiap apoteker penanggung jawab juga diwajibkan berada di sarana apotek untuk melakukan pemantauan terhadap efek samping obat (MESO) dan memberikan pelayanan kefarmasian sesuai standard.

Setiap apoteker juga diwajibkan melaporkan apabila terjadi kejadian luar biasa (KLB) yang disebabkan oleh penggunaan obat di wilayah sarananya.

Untuk optimalisasi pelayanan kefarmasian kepada masyarakat, 14 Kecamatan dimana terdapat apotek jaga adalah, Wonosobo dengan 11 apotek, Mojotengah dengan 1 apotek, Selomerto dengan 5 apotek, dan Leksono dengan 3 apotek.

Kemudian, di Kecamatan Sapuran 2 apotek, Sukoharjo 2 apotek, Kertek 2 apotek, Garung 1 apotek, Kaliwiro 1 apotek, Wadaslintang 2 apotek dan Watumalang 1 apotek.

Diharapkan, dengan tetap tersedianya layanan kefarmasian tersebut, warga masyarakat yang membutuhkan obat, khususnya pada kejadian-kejadian darurat akan lebih cepat memperolehnya.

Pada setiap harinya, apotek jaga akan membuka pelayanan mulai pukul 07.00 WIB hingga 20.00 WIB, dan sebagian bahkan sampai pukul 22.00 WIB.

Muharno Zarka/Adv